e-MTB Membuat Bersepeda Lebih Asyik dan Ringan

- Jumat, 25 September 2020 | 14:06 WIB
Launching Ride Clinic New Patrol di Rosti Resto Semarang, Jumat (25/9/2020).(istimewa)
Launching Ride Clinic New Patrol di Rosti Resto Semarang, Jumat (25/9/2020).(istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Pesepeda pemula seringkali ngos-ngosan saat ikut rombongan. Mereka yang sudah berusia pun kadang juga kesulitan mengatur napas dan tenaga saat jarak tempuh sudah jauh. Akhirnya, keinginan mencari fun saat bersepeda dengan rombongan justru berakhir tak menyenangkan.

Tapi itu dulu. Kini ada teknologi baru, sepeda listrik (e-bike). Electric Mountainbike (e-MTB) yang meringankan beban mengayuhnya para pesepeda. Tapi jangan dibayangkan, pesepeda hanya memutar gas dan tak perlu mengayuh. 

Sepeda listrik ini memberikan bantuan saat pedal dikayuh. Sehingga bantuan pedal meringankan pesepeda di sepanjang jalan.

AYO BACA : Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Nekat Gelar Dangdutan, Ganjar: Harus Disanksi

Dengan kondisi itu, tak lagi khawatir tertinggal rombongan saat bersepeda bersama. Sepeda ini juga memungkinkan untuk menjelajah semua medan. Baik itu bagi pemula, usia muda maupun tua.

“Dulu banyak anak-anak muda yang enggan pakai (e-MTB). Karena merasa kuat. Dulu ada mountain bike, ada seli (sepeda lipat). Kalau di musik kan ada dangdut, rock, campursari. Tapi e-MTB ini ibaratnya jenis musik baru di dunia sepeda dan memberikan pengalaman baru,” kata Yudi Dwiardian, selaku Penyelenggara Launching Ride Clinic New Patrol di Rosti Resto Semarang, Jumat (25/9/2020).

Yudi mengakui jika e-MTB belum begitu populer di masyarakat. Namun dengan berbagai macam kelebihannya, maka ia optimis banyak pesepeda yang melirik. Sepeda ini juga sangat ideal untuk perjalanan komuter, rekreasi, atau pesepeda gunung yang aktif. Soal harga, bervariasi dan sesuai tipenya. Berkisar antara Rp 60-90 juta.

AYO BACA : Hendi Serahkan Paket Ketahanan Pangan Bagi Warga Terdampak

Menurutnya, di Kota Semarang sudah cukup banyak komunitas-komunitas pesepeda e-MTB. Tiap komunitas rata-rata memiliki anggota 50-100 orang. Pesertanya segala usia. Dan rata-rata ada 30 orang yang aktif gowes tiap harinya.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

AstraPay Didukung Kekuatan Ekosistem Astra

Rabu, 15 September 2021 | 17:12 WIB

Harga Emas Antam Naik, Satu Gram Rp936.000

Rabu, 15 September 2021 | 12:07 WIB

DAFTAR Lengkap Harga Seri iPhone 13 di Berbagai Negara

Rabu, 15 September 2021 | 11:40 WIB

Harga Emas Antam Naik Rp3.000, Jadi Rp932.000

Selasa, 14 September 2021 | 11:59 WIB
X