Harus Cermat! Ini Tips Berhemat Kebutuhan di Masa Pandemi ala Perencana Keuangan

- Sabtu, 26 Juni 2021 | 08:26 WIB
Tips Berhemat Kebutuhan di Masa Pandemi. (dok)
Tips Berhemat Kebutuhan di Masa Pandemi. (dok)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Masa pandemi Covid-19 memengaruhi kondisi keuangan keluarga. Di masa serba-tak pasti ini, kita perlu berjaga-jaga baik dari sisi kesehatan maupun keuangan.

Dari segi keuangan, pandemi membuat roda ekonomi menjadi melambat. Akibatnya, tak jarang perusahaan harus membuat keputusan pahit seperti memotong gaji pegawai, menunda pembayaran gaji pegawai, atau bahkan merumahkan dan memutus hubungan pegawai.

Hal ini membuat pos-pos pengeluaran di masing-masing rumah tangga pun harus diakali.

Menurut perencana keuangan dari Oneshildt, Agustina Fitria, menghadapi kondisi pandemi yang serba tak menentu ini, kita perlu memindahkan beberapa pos yang tidak diperlukan kepada pos-pos yang saat ini dibutuhkan seperti pos kesehatan.

“Pertama, identifikasi pos-pos yang memang menurun saat pandemi merebak. Contohnya, pada saat pandemi, kita diminta untuk bekerja dari rumah. Biaya untuk transportasi ke kantor akan berkurang, sehingga pos itu bisa dikompensasi ke pengeluaran yang meningkat,” ungkap Fitria kepada Republika.co.id.

Contoh pos lain yang menurun adalah pos transportasi anak ke sekolah. Di masa pandemi, anak-anak masih belum diperbolehkan untuk belajar tatap muka. Pos tersebut bisa dialokasikan kepada pos berbelanja kesehatan seperti belanja cairan sanitasi atau masker yang aman dan melindungi.

AYO BACA : Segera Rilis, Ini Perkiraan Desain iPhone 13

Selanjutnya, Fitria menyarankan untuk berbelanja barang-barang yang menjadi kebutuhan kesehatan dan kebersihan dalam jumlah yang besar. Sebab, biasanya, beberapa barang itu memiliki harga yang lebih murah jika dibeli dengan jumlah yang banyak.

“Atau berbelanja di tempat-tempat perbelanjaan yang bisa memberikan harga khusus kalau kita membeli dalam jumlah banyak,” jelas Fitria.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

AstraPay Didukung Kekuatan Ekosistem Astra

Rabu, 15 September 2021 | 17:12 WIB

Harga Emas Antam Naik, Satu Gram Rp936.000

Rabu, 15 September 2021 | 12:07 WIB

DAFTAR Lengkap Harga Seri iPhone 13 di Berbagai Negara

Rabu, 15 September 2021 | 11:40 WIB

Harga Emas Antam Naik Rp3.000, Jadi Rp932.000

Selasa, 14 September 2021 | 11:59 WIB
X