Depresi Ternyata Bisa Menular, Begini Penjelasannya

- Sabtu, 25 Juli 2020 | 08:00 WIB
Ilustrasi depresi (the coversation)
Ilustrasi depresi (the coversation)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Masalah kesehatan mental seperti depresi ternyata bisa menular. Namun, penularan depresi punya cara kerja yang berbeda dengan penyakit lain.

Melansir Healtline, suasana hati dan emosi dapat menyebar. Sama halnya dengan perilaku merokok, depresi bisa menular melalui ikatan sosial yang dekat dan jauh.

Peneliti menyebut hal ini sebagai fenomena jaringan, teori penularan sosial dan teori penularan emosi kelompok.
 
Akan tetapi, ini tidak sesederhana berbagai minuman dengan orang yang mengalami depresi, atau mereka berkeluh kesah kepada Anda.

Sebenarnya para peneliti pun masih memahami bagaimana disebarkan. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan penularan itu dapat terjadi dalam beberapa cara:

AYO BACA : Apa Benar Bunuh Diri Bisa Menular?

1. Perbandingan sosial

Ketika kita bersama orang lain atau melihat orang lain melalui media sosial, kita sering mengevaluasi diri sendiri dengan orang tersebut.

Namun, membandingkan diri sendiri dengan orang lain, terutama yang memiliki pola pikir negatif, terkadang dapat merusak kesehatan mental Anda.

2. Interpretasi emosional
 
Ini berasal dari bagaimana Anda menafsirkan perasaan orang lain. Emosi dan isyarat nonverbal yang orang lain tunjukkan kepada Anda ditangkap sebagai informasi bagi otak.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Kebiasaan Unik Member BLACKPINK, Lisa Bikin Baper!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:46 WIB

Lirik dan Chord Lagu LALISA, Intro D

Minggu, 10 Oktober 2021 | 08:50 WIB
X