Waspada, Covid-19 Bisa Merusak Ginjal!

- Jumat, 22 Januari 2021 | 08:30 WIB
Ilustrasi Covid-19 (istimewa)
Ilustrasi Covid-19 (istimewa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Covid-19 dapat menyebabkan komplikasi yang memengaruhi beragam organ vital, termasuk ginjal. Hal ini pula yang dialami oleh seorang pasien Covid-19 asal Tulsa, Tresa Eagle-Miller.

Tresa telah terdiagnosis dengan penyakit ginjal polikistik yang merupakan kelainan bawaan sejak 4 tahun lalu. Meski transplantasi ginjal merupakan terapi opsi untuknya, Tresa belum mendapatkan donor.

Oleh karena itu, saat ini Tresa menjalani terapi pengganti ginjal, yaitu dialisis. Setelah terkena Covid-19, kondisi ginjal Tresa memburuk.

Kedua ginjal Tresa menjadi lebih besar dari sebuah bola sepak. Padahal, satu ginjal yang normal hanya memiliki kisaran ukuran seperti kepalan tangan.

AYO BACA : 4 Cara Cegah Batu Ginjal Sebelum Terlambat

"Ada polip di mana-mana, kista di seluruh ginjal saya," jelas Tresa, seperti dilansir Times Now News.

Covid-19 memang diketahui dapat mempengarui beragam organ penting di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan virus penyebab Covid-19, SARS-CoV-2, memiliki kemampuan untuk menginfeksi pembuluh darah.

Kondisi tersebut dapat berujung pada terjadinya infeksi di berbagai bagian tubuh, termasuk organ-organ vital seperti hati dan ginjal. Sejauh ini, sudah ada beberapa informasi yang diketahui seputar dampak infeksi SARS-CoV-2 terhadap kesehatan ginjal. Salah satunya, Covid-19 dapat mengganggu fungsi ginjal.

Seperti diketahui, Covid-19 dapat memicu terjadinya pembentukan gumpalan darah. Gumpalan darah ini tak hanya dapat meningkatkan risiko strok, tetapi juga penyumbatan pada ginjal.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Lirik dan Chord Lagu LALISA, Intro D

Minggu, 10 Oktober 2021 | 08:50 WIB
X