Jobseeker Kini Bisa Lamar Pekerjaan via TikTok

- Kamis, 8 Juli 2021 | 14:05 WIB
Ilustrasi -- melamar pekerjaan bisa lewat TikTok (Istimewa)
Ilustrasi -- melamar pekerjaan bisa lewat TikTok (Istimewa)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- TikTok sedang menguji coba aplikasi yang memungkinkan penggunanya bisa melamar pekerjaan melalui resume video ke sejumlah perusahaan.

Mengutip The Verge dan Suara.com, Kamis (8/7/2021), program yang disebut TikTok Resumes ini merupakan program yang dilakukan dalam jangka pendek. Ini hanya berlaku di aplikasi hingga 31 Juli mendatang.

Program ini berasal dari konten yang muncul secara organik di platform, seperti tagar #CareerTok dan berbagai inisiatif yang dibuat perusahaan untuk menargetkan mahasiswa dan kalangan muda.

AYO BACA : Cara Cek Smartphone Waterproof Tanpa Dicelup Air

Disebutkan bahwa ada 30 perusahaan yang berpartisipasi untuk menerima resume program uji coba ini. Artinya, pengguna bisa membuat konten video yang nantinya bakal dilihat perusahaan.

Cara kerjanya, mereka harus membuat resume video yang kemudian diunggah di TikTok. Selanjutnya, mereka mengirim resume ini ke recruiter melalui aplikasi.

Selain itu, video tersebut juga disarankan untuk tidak menyertakan informasi kontak pribadi seperti alamat email dalam video yang dibagikan secara publik ini.

AYO BACA : Spek iPhone 7, Masihkah Layak Dibeli dengan Harga Rp2 Jutaan?

Perekrutan lewat konten, termasuk TikTok ini, memang sudah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan. Alo Yoga misalnya, mereka mempekerjakan Social Media Manager lewat Resume TikTok yang nantinya akan mengembangkan strategi aplikasi untuk brand dan bekerja sama dengan influencer.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar

Tags

Terkini

1 Desember jadi Hari AIDS Sedunia, Begini Sejarahnya

Selasa, 30 November 2021 | 15:57 WIB

Jerman Temukan Dugaan Kasus Covid-19 Varian Omicron

Minggu, 28 November 2021 | 12:00 WIB

Duh,, Polisi Uzbekistan Paksa Muslim Cukur Jenggot

Jumat, 26 November 2021 | 09:06 WIB
X