Efektifkan Peran RT/RW, Ini Alasan Bupati Kendal

- Selasa, 3 Maret 2020 | 16:30 WIB
Bupati Kendal Mirna Annisa berdialog dengan ketua RT/ RW se-Kecamatan Plantungan Selasa (03/03/2020) membahas percepatan pembangunan. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)
Bupati Kendal Mirna Annisa berdialog dengan ketua RT/ RW se-Kecamatan Plantungan Selasa (03/03/2020) membahas percepatan pembangunan. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Peran Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di tiap desa dalam memberikan informasi dan data tentang wilayahnya sangat penting dalam percepatan pembangunan. Pasalnya RT dan RW yang paling mengenal wilayahnya ditingkat paling bawah, sehingga masukan kepada pemerintah daerah dan informasi dari atas bisa sampai ke masyarakat dengan baik dan benar.

RT dan RW kini makin dimaksimalkan perannya khususnya dalam verifikasi data, seperti data kemiskinan misalnya yang akan digunakan untuk program bantuan sosial. Peranan RT dan RW sangat dibutuhkan, karena sebagai ujung tombak di tingkat paling bawah mengerti dan mengetahui data yang sebenarnya.

Ketua Paguyuban RT/RW se Kabupaten Kendal, Iwan Muhtadi menjelaskan, akan memaksimalkan informasi dan memperpendek informasi dari pemerintah kepada masyarakat.

AYO BACA : Kisah Sukses Warga Kendal Budidaya Udang Vaname, Untung 2 Kali Lipat

 “Juga sebaliknya memberikan informasi kepada pemerintah daerah tentang apa yang ada di desa untuk menunjang pembangunan,” katanya.

RT/RW se Kabupaten Kendal juga siap memberikan masukan serta data terkait warga miskin untuk program bantuan sosial.

 “Kita juga berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Kendal yang memberikan perhatian kepada RT dan RW dengan pemberian kesejahteraan,” imbuh Iwan.

AYO BACA : Sebar Hoaks Virus Korona, Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda 1 Miliar

Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kendal lebih efektif sampai ke masyarakat melalui peran RT dan RW. 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

RSUD Soewondo Kendal Layani Pasien Kejiwaan

Selasa, 30 November 2021 | 19:41 WIB

Bupati Kendal Dico Beri Motivasi Kepada Kader Muda NU

Minggu, 28 November 2021 | 20:35 WIB

Bupati Kendal Dico Minta Baznas dan UPZ Lebih Inovatif

Sabtu, 27 November 2021 | 21:04 WIB

8 Persen Anggaran Tahun 2022 untuk Pemulihan Ekonomi

Jumat, 26 November 2021 | 20:31 WIB
X