4 Dusun di Singorojo Terdampak Pembangunan Waduk Bodri Kendal

- Selasa, 14 April 2020 | 19:19 WIB
Kepala DPUPR Kendal Sugiono dan petugas Dinas Pusdaru Jawa Tengah memeriksa tanggul Kali Bodri di Desa Lanji yang longsor, Selasa (17/03/2020) siang. (Edi Prayitno/ Kontributor Kendal)
Kepala DPUPR Kendal Sugiono dan petugas Dinas Pusdaru Jawa Tengah memeriksa tanggul Kali Bodri di Desa Lanji yang longsor, Selasa (17/03/2020) siang. (Edi Prayitno/ Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Sebanyak 4 dusun bakal terkena dampak rencana pembangunan Waduk Bodri seluas 250 hekatre. 

Rencananya pembangunan dilaksanakan Kementerian PUPR usai melaksanakan studi kelayakan saat ini mulai dilaksanakan land acquisition and replace action plan (larap).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, Sugiono mengatakan jika proyek Waduk Bodri ini merupakan proyek besar nasional. Yakni ditangani langsung oleh Kementerian PUPR.

“Sesuai Detail Engineering Design (DED), waduk akan dibangun seluas 250 hektar. Tapi kami melakukan larap seluas 310 hektar,” katanya  Selasa (14/04/2020).

Dikatakannya, Larap ini sangat penting salah satunya sebagai sosialisasi kepada masyarakat yang lahan atau pemukimannya terdampak pembangunan Waduk Bodri

Rencananya, waduk tersebut akan menerjang pemukiman warga seluas  2,8 hektar. Yakni yang berada di Dusun Pencar, Pendem, Tempuran, Ngaliyan.

AYO BACA : Bangun Tanggul Baru, 12 Rumah di Kendal Kena Gusur

“Meskipun ada 4 dukuh, tapi hanya sedikit pemukiman warga yang terdampak. Yakni sekitar 42 Kepala Keluarga. Tapi mayoritas adalah lahan kosong atau belum dihuni warga,” jelasnya.

Saat ini Larap sedang proses penandatangan surat perjanjian kerja (SPK) dengan pihak ketiga. Rencana setelah selesai administrasi akan segera dilaksanakan selama kurun waktu 6 bulan. 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Covid-19 di Kendal Renggut 16 Ibu Hamil

Kamis, 16 September 2021 | 18:41 WIB

Stok Vaksin Melimpah, Kendal Optimistis Penuhi Target

Kamis, 16 September 2021 | 12:44 WIB
X