Pandemi Covid-19, Warga Kedunggading Kendal Manfaatkan Proklim

- Jumat, 29 Mei 2020 | 10:51 WIB
Warga menunjukan hasil perkebunan yang dilakukan dipekarangan rumah masing-masing yang bisa diandalkan untuk membantu warga terdampak pandemi covid 19. (Edi Prayitno/ Kontributor Kendal)
Warga menunjukan hasil perkebunan yang dilakukan dipekarangan rumah masing-masing yang bisa diandalkan untuk membantu warga terdampak pandemi covid 19. (Edi Prayitno/ Kontributor Kendal)

RINGINARUM, AYOSEMARANG.COM -- Banyak cara dilakukan sejumlah desa di Kabupaten Kendal untuk saling membantu warganya dimasa pandemi Covid-19

Ada yang melakukannya dengan cara jogo tonggo memberikan bantuan sembako, ada juga yang memanfaatkan program kampung iklim atau Proklim untuk bergotong royong membantu sesama.

Proklim yang dilakukan warga Desa Kedunggading Kecamatan Ringinarum Kendal sangat membantu kebutuhan hidup di tengah kondisi pandemi Covid-19

AYO BACA : Jogo Tonggo, Warga Taruh Sedekah dan Ambil Sendiri

Dalam Proklim ini pihak desa menggerakkan warga, agar memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis tanaman sayuran.

Alhasil gerakan menanam sayuran yang dilakukan di tiap-tiap RT membuahkan hasil yang lumayan. Berbagai jenis tanaman sayuran, seperti terong, timun, cabe, tomat, brokoli, seledri, cesim, dan lainnya dalam waktu dua bulan sudah bisa dipanen. 

Ketua Kelompok Proklim Dukuh Tapak Timur Desa Kedunggading,  Subur mengatakan, kelompoknya mulai menanam berbagai tanaman sayuran sekitar dua bulan lalu, di antaranya terong, tomat, cabe, timun, cesim, seledri, singkong dan lainnya.

AYO BACA : Pangdam IV/Diponegoro Instuksikan Patroli Penanganan Covid-19 Lebih Digiatkan

Selain itu juga ada tanaman obat, seperti kunyit, daun sirih, dan daun serai. Pada panen perdana ini hasil panennya dibagi-bagikan kepada warga yang membutuhkan, terutama warga yang kurang mampu dan terdampak pandemi virus korona. 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Pemkab Siapkan 3 Jalur Penghubung Kendal Bawah dan Atas

Selasa, 21 September 2021 | 18:44 WIB

50% Santri di Kendal Sudah Dapatkan Vaksinasi Covid-19

Senin, 20 September 2021 | 19:18 WIB
X