Syarat Buat Kopi Enak itu Harus Bahagia

- Jumat, 2 Oktober 2020 | 10:33 WIB
Cabup nomor urut 3 Tino Indra Wardono memberikan pengarahan kepada calon barista yang mengikuti pelatihan. (edi prayitno/kontributor kendal)
Cabup nomor urut 3 Tino Indra Wardono memberikan pengarahan kepada calon barista yang mengikuti pelatihan. (edi prayitno/kontributor kendal)

BOJA, AYOSEMARANG.COM -- Ternyata untuk membuat kopi yang enak dan nikmat hanya satu kuncinya. Selain dari racikan kopi dan gula yang tepat juga yang menjadi syarat utama adalah saat membuatnya harus dengan hati bahagia.

”Setelah mengenal aroma, rasa, dan karakter kopi, baru bisa membuat kopi. Syarat membuat kopi enak, hati harus bahagia,” jelas Hendri Cristianto pelatih barista asal Jakarta saat memberikan pelatihan kepada 20 peserta barista muda di Kampung Tepi Sawah Boja.

Henry, dalam pelatihan tersebut mengajarkan bagaimana mengenal kopi, dari mulai aroma, rasa, dan asal kopi tersebut. Rasa kopi Robusta, Arabika dan Liberika berbeda, demikian juga kopi dari satu daerah dengan daerah lain.

AYO BACA : Dukung Tino-Mustamsikin, Berharap Persik Masuk Liga 1

 "Biasanya orang yang sedang putus cinta, kopi buatannya tidak enak. Sebab hatinya tidak bahagia," imbuhnya.

Salah satu peserta pelatihan Barista, Budiyono, mengaku senang bisa mendapat ilmu baru cara membuat kopi. Sebab selama ini, dirinya hanya bisa membuat kopi dengan cara tradisional. Kopi dikasih gula, lalu dikasih air panas dan kemudian diaduk.

“Baru kali ini saya minum kopi tanpa gula, tapi rasanya enak dan tidak begitu pahit,” akunya.

AYO BACA : Amien Rais Deklarasikan Partai Ummat, Begini Reaksi FPI

Budi menambahkan, setelah mendapat ilmu membuat kopi di pelatihan ini, dirinya akan mengasah ketrampilannya dan kemudian membuka kedai kopi.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Terbentur PTS, Swab Antigen Siswa SMP di Kendal Tertunda

Kamis, 23 September 2021 | 12:16 WIB

Warga Ngampel Kulon Diajak Ikut Awasi Pemilu

Rabu, 22 September 2021 | 10:54 WIB
X