Cegah Penularan Covid-19, Kebiasaan Cium Tangan di Ponpes Ditiadakan

- Kamis, 15 Oktober 2020 | 10:48 WIB
Sejumlah santri Ponpes Darul Hikmah Lanji yang bertahan di pondok meski sebagian besar santrinya dipulangkan dan diliburkan. (Edi Prayitno/ Kontributor Kendal)
Sejumlah santri Ponpes Darul Hikmah Lanji yang bertahan di pondok meski sebagian besar santrinya dipulangkan dan diliburkan. (Edi Prayitno/ Kontributor Kendal)

 KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Memulai kebiasaan baru memang agak sulit dilakukan, apalagi sebuah tradisi di Pondok Pesantren (Ponpes) yang selalu mencium tangan kepada orang yang lebih tua bahkan kepada guru.

Namun di era kenormalan baru di tengah wabah covid-19 kebiasaan tersebut harus bisa dihilangkan sementara.

Sebab bersentuhan tangan bisa menjadi salah satu media yang jadi penyebab penyebaran virus korona. Hal ini mengingat sudah 3 pesantren di Kendal yang menjadi klater penyebaran covid-19. 

"Ya mohon maaf, di tengah wabah covid-19 kebiasaan cium tangan santri ke ustaz ini bisa dihilangkan sementara. Kalau kondisi normal ya silahkan cium tangan. Kita tak tahu virus korona nempel di tangan atau tidak. Jangan sampai nanti timbul pesantren jadi klaster baru penyebaran covid-19," kata Sekda Kendal Moh Toha.

AYO BACA : Ponpes Sabilurrasyad Kendal Pertahankan Zero Covid-19 dengan Terapkan 3 M

Toha mengungkapkan, penyebaran virus korona di Kabupaten Kendal selama bulan Oktober ini masih cukup tinggi, rata-rata per hari masih mencapai 20 orang. 

Tak hanya klaster pesantren, bahkan baru-baru ini muncul beberapa klaster penyebaran virus Korona, yakni klaster Pasar Boja terdapat 6 pedagang yang terkonfirmasi Covid-19 dan klaster Puskesmas Weleri 1 sebanyak 12 pegawai yang positif Covid-19. 

Menurut  Toha, penerapan protokol kesehatan harus benar-benar dijalankan, tidak hanya memakai masker, tetapi cuci tangan dan menjaga jarak juga harus dilakukan. Seperti mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer setelah melakukan kegiatan.

"Karena bersentuhan dengan orang atau barang yang membawa virus korona," terangnya. 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Pemkab Siapkan 3 Jalur Penghubung Kendal Bawah dan Atas

Selasa, 21 September 2021 | 18:44 WIB

50% Santri di Kendal Sudah Dapatkan Vaksinasi Covid-19

Senin, 20 September 2021 | 19:18 WIB
X