Satgas Covid-19 Kendal Edukasi dan Beri Sanksi Warga Tak Bermasker

- Sabtu, 24 Oktober 2020 | 11:23 WIB
Warga yang terjaring razia penertiban protokol kesehatan menjalani pemeriksaan dan pendataan untuk diberikan sanksi. (edi prayitno/kontributor kendal)
Warga yang terjaring razia penertiban protokol kesehatan menjalani pemeriksaan dan pendataan untuk diberikan sanksi. (edi prayitno/kontributor kendal)

KALIWUNGU, AYOSEMARANG.COM -- Menggandeng  Satgas Penanganan dan Pencegahan Virus Covid-19 Provinsi Jawa Tengah, Satgas Covid 19 Daerah Kabupaten Kendal  melakukan penegakkan Protokol Kesehatan (Prokes) dan pemberian edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menggenakan masker saat keluar rumah.

Dua lokasi penertiban protokol kesehatan dilaksanakan di Pasar Pagi Kaliwungu dan Pasar Gladak Kaliwungu Selatan. Kasi Penindakan Satpol PP Provinsi Jawa Tengah, Eko Maryanto mengatakan  kegiatan ini merupakan tahap 3 dari 5 yang direncanakan untuk penegakkan Protokol di Kabupaten Kendal.

AYO BACA : Ini Kiat agar UMKM Tetap Bertahan di Masa Pandemi

"Instruksi dari Bapak Gubernur Jateng adalah untuk melaksanakan operasi penegakan protokol kesehatan di seluruh kabupaten/kota dengan bekerjasama dengan Satgas pemerintah kabupaten/kota setempat, dan masing-masing kabupaten akan dilakukan 5 kali operasi penindakkan. Hal itu untuk terus monitoring perkembangan kondisi di masyarakat," jelasnya.

Ia berharap kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, salah satunya adalah memakai masker, karena maskerku melindungiku dan melindungi orang lain dari bahaya penyebaran virus Covid-19.

AYO BACA : Pasang Baliho, Pekerja Tewas Kesetrum dan Terjatuh

Sementara itu, Kepala Bidang Penindakan Satpol PP Kendal, Ahmad Riyadi menjelaskan, kegiatan yang dilakukan bersama Satgas dari Provinsi Jateng ini merupakan kegiatan yang ketiga, yang mana sebelumnya juga sudah dilakukan di Pegandon dan Kelurahan Kebondalem.

"Untuk pelanggar Prokes di Pasar Geladak Kaliwungu terdapat 51 orang dengan sanksi 44 orang denda, 3 orang sita KTP dan 4 orang kerja sosial. Sedangkan di Pasar Pagi Kaliwungu terdapat 40 orang dengan sanksi 32 orang denda, 2 orang sita KK, dan 1 orang sita KTP," terang Ahmad Riyadi.

Kepala Bidang Penindakan Satpol PP Kendal juga mengimbau kepada masyarakat, agar saat keluar wajib memakai masker, karena dengan memakai masker dapat memutus rantai penularan virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Kendal, khususnya di Kecamatan Kaliwungu.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Datangi Rumah Warga, Bupati Dico Bagikan Beras dari ACT

Senin, 27 September 2021 | 16:28 WIB

Bubarkan Kerumunan dan Bagikan Masker di Pelabuhan Kendal

Minggu, 26 September 2021 | 11:55 WIB

Ulama Ikut Berperang Melawan Narkoba Lewat Ganas Annar

Minggu, 26 September 2021 | 11:31 WIB
X