Mau Pulang Kampung ke Kendal, Wajib Karantina 5 Hari

- Rabu, 28 April 2021 | 14:58 WIB
Kepala Dinkes Kendal, Ferinando Rad Bonay (dok)
Kepala Dinkes Kendal, Ferinando Rad Bonay (dok)

KENDAL,AYOSEMARANG.COM --  Warga Kendal yang tetap memaksakan mudik untuk berlebaran di kampung halamannya, siap siap menjalani karantina selama 5 hari.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal akan memberlakukan kebijakan bagi siapapun yang masuk dan keluar Kendal,  untuk menjalani karantina terlebih dahulu.

Pelaksanaan karantina dilakukan oleh pemerintah desa/keluarahan melalui tim gugus Covid tingkat desa/keluarahan dengan kembali berfungsinya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

AYO BACA : Jaga Kondisi saat Puasa, Lansia Kendal Divaksin Usai Tarawih

Tidak hanya itu pemerintah akan  mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.
\nWarga Kendal bekerja diperantauan yang mudik atau pulang kampung akan di karantina selama lima hari di tempat isolasi mandiri desa. Hal ini berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) yang disusun  tentang Pengaturan Mudik. Karantina juga berlaku bagi siapapun yang masuk ke Kendal untuk tinggal dalam jangka waktu tertentu, kata Kepala Dinkes Kendal, Ferinando Rad Bonay.

Dikatakan, selain karantina, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan dan cek tes antigen sehingga diketahui ada gejala Covid-19 atau tidak.

Pemeriksaan dilakukan oleh puskesmas berdasarkan atas data orang yang masuk ke Kendal dari tim gugus covid desa. Pemberlakuan karantina dan pemeriksaan tes antigen untuk menditeksi terpapar covid-19.

AYO BACA : Kader Partai Golkar Harus Terdepan dalam Pengamalan Pancasila

Sehingga diperlukan pemantaua intensip kepada siapapun yang keluar dan masuk wilayah Kendal. Dengan begitu nantinya tidak akan muncul atau terjadi ledakan kasus terpapar Covid-19 di Kabupaten Kendal.
\nMeski kasus terpapar Covid menurun, Pemkab Kendal terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19. Seperti dengan memfungsikan kembali PPKM desa. Pihak desa yang lakukan pantauan apakah ada warga yang datang dan perdi di desanya. Kalau didapati, tindakanya dengan karantina lima hari dulu,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

Datangi Rumah Warga, Bupati Dico Bagikan Beras dari ACT

Senin, 27 September 2021 | 16:28 WIB

Bubarkan Kerumunan dan Bagikan Masker di Pelabuhan Kendal

Minggu, 26 September 2021 | 11:55 WIB

Ulama Ikut Berperang Melawan Narkoba Lewat Ganas Annar

Minggu, 26 September 2021 | 11:31 WIB
X