Terjaring Tidak Pakai Masker di Kendal, Warga Dites Swab Antigen

- Kamis, 29 April 2021 | 12:21 WIB
Seorang warga menjalani tes antigen setelah terjaring razia tidak menggunakan masker di kawasan Alun-alun Kendal Kamis 29 April 2021. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Seorang warga menjalani tes antigen setelah terjaring razia tidak menggunakan masker di kawasan Alun-alun Kendal Kamis 29 April 2021. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM --  Satpol PP Kendal bersama tim gabungan Penanganan Covid-19 Kendal kembali menggiatkan  razia protokol kesehatan khususnya penggunaan masker. Razia ini untuk menegakkan hukum bagi warga yang melanggar protokol kesehatan (prokes) di tempat keramaian, seperti alun-alun dan pasar.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kendal, Toni Ari Wibowo mengatakan, razia masker terus dilakukan di tempat-tempat keramaian. Bagi warga yang terkena razia tidak memakai masker diberi sanksi administrasi berupa denda maksimal Rp 200 ribu.

AYO BACA : Herviano Kawal Aspirasi Bedah Rumah dan Pembangunan Rusun Pesantren

Sanksi denda masih diterapkan, tapi pelanggar tidak banyak, berarti kesadaran menerapkan prokes masih tinggi, katanya.

Dikatakan, bagi yang terkena razia tidak memakai masker, juga dilakukan tes swab antigen oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kendal. Jika hasilnya positif, maka akan diarahkan  untuk melakukan isolasi mandiri.

AYO BACA : Meski Pakai Tongkat, Lansia di Kadilangu Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19

Semua yang kena razia dilakukan tes swab antigen, tapi sejauh ini tidak ditemukan yang positif, ujarnya.

Toni mengatakan, operasi lainnya juga dilakukan menjelang Lebaran, seperti razia penyakit masyarakat, baik minuman keras maupun prostitusi. Demikian pula razia terhadap gangguan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat tribun tranmas.

Razia asusila juga, namun menunggu datanya valid dari laporan yang diterima, katanya.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

Tradisi Weh-Wehan yang Tidak Lekang oleh Zaman

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:10 WIB

Giatkan Vaksinasi Usia 12 Tahun di Sekolah-sekolah

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:09 WIB
X