Satu Santri Positif Covid 19, Dinkes Kendal Sasar 1.000 Santri Lagi

- Minggu, 23 Mei 2021 | 20:26 WIB
Salah satu santri asal Kendal yang hendak kembali ke pondok pesantren di Jawa Timur menjalani rapid tes antigen Minggu 23 Mei 2021 di halaman Stadion Utama Kebondalem. (edi prayitno/kontributor kendal)
Salah satu santri asal Kendal yang hendak kembali ke pondok pesantren di Jawa Timur menjalani rapid tes antigen Minggu 23 Mei 2021 di halaman Stadion Utama Kebondalem. (edi prayitno/kontributor kendal)

KENDAL,AYOSEMARANG.COM --  Hasil rapid tes antigen yang dilaksanakan selama dua hari, satu santri yang hendak kembali ke pondok pesantren posittif covid-19. 

Dinas Kesehatan Kendal sudah melakukan rapid antigen kepada 360 santri, dan rencananya akan menyasar 1.000 santri lagi. 

Tes swab antigen kepada santri yang hendak kembali ke pondok pesantren di sejumlah daerah ini, dilakuan untuk mengetahui kesehatan santri sebelum kembali ke pondok untuk belajar.

Meski diketahui positif covid 19,  namun santri tersebut tetap akan diberangkatkan kembali ke pondok pesantren.

Kepala Dinkes Kendal Ferinando Rad Bonay mengatakan, bagi santri santri yang terpapar terpapar virus korona tetap akan diberangkatkan ke pondok pesantren tujuan dengan perlakuan yang lebih khusus.

AYO BACA : Satu RT Zona Merah, Klaster Musala di Desa Ngareanak 19 Warga Positif Covid-19,

“Mereka akan diberangkatkan menggunakan armada bus khusus agar tidak bercampur dengan santri lain. Sesampainya di pondok tujuan petugas akan menyampaikan kondisi santri kepada satgas covid-19 pondok  untuk melakukan isolasi santri tersebut. Selanjutnya kebutuhan santri selama menjalani isolasi di dalam pondok  menjadi tanggungjawab pihak pengurus pondok pesantren,” jelasnya saat memantau pelaksanaan rapid tes antigen kepada santri Minggu 23 Mei 2021.

Selama dua hari pelaksanaan sudah 360 santri yang akan berangkat belajar ke dua pesantren di luar Kabupaten Kendal menjalani rapid test antigen gratis yang di fasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Kendal. Yakni Ponpes Modern Darussalam Gontor Jawa Timur dan Ponpes Lirboyo Kediri.

"Sebanyak 33 santri Ponpes Modern Darussalam Gontor di rapid test antigen, Sabtu 22 Mei  2021 dan hasilnya semua negatif Covid-19. Mereka dijadwalkan kembali ke pesantren, Senin 24 Mei  2021 dan harus kantongi surat tes Covid-19," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Datangi Rumah Warga, Bupati Dico Bagikan Beras dari ACT

Senin, 27 September 2021 | 16:28 WIB

Bubarkan Kerumunan dan Bagikan Masker di Pelabuhan Kendal

Minggu, 26 September 2021 | 11:55 WIB

Ulama Ikut Berperang Melawan Narkoba Lewat Ganas Annar

Minggu, 26 September 2021 | 11:31 WIB
X