Gempa Weleri Tidak Timbulkan Kerusakan

- Selasa, 25 Mei 2021 | 16:05 WIB
Petugas BPBD Kendal memantau situasi paska gempa Selasa 25 Mei 2021. (edi prayitno kontributor kendal)
Petugas BPBD Kendal memantau situasi paska gempa Selasa 25 Mei 2021. (edi prayitno kontributor kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Gempa bumi magnitudo 3,4 yang berpusat di barat daya Weleri Selasa 25 Mei 2021 sekitar 09.10 WIB tidak menimbulkan kerusakan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal membenarkan gempa bumi yang melanda Kendal. Pusat gempa terjadi di 17 kilometer barat daya Kecamatan Weleri, tepatnya di Kecamatan Tersono Kabupaten Batang Jawa Tengah dengan kedalaman 5 kilometer berkekuatan 3,4 magnitudo.

Menurut Kepala BPBD Kendal Sigit Sulistyo, gempa bumi yang terjadi disebut gempa Weleri, karena di Weleri ada sesar Weleri.

AYO BACA : Gempa M 3,4 Goncang Wilayah Atas Weleri Kendal, BPBD Batang Waspadai Efek di Bawang dan Tersono

"Sesar Weleri ini ditemukan saat ada gempa yang melanda di wilayah Jawa Timur. Informasi dari BMKG, akibat gempa Jawa Timur, ada pergerakan di sesar Weleri," terang Sigit.

BPBD Kendal bersama dengan BMKG beberapa waktu lalu telah melakukan zoom di sesar Weleri. "Potensi itu ada, tapi gempa yang terjadi tidak sebesar dengan gempa-gempa yang terjadi di samudera Hindia, karena ada semacam pergeseran," jelasnya.

Ia mengungkapkan, sepanjang tahun 2021 tercatat sudah dua kali terjadi gempa di Weleri dengan skala kecil. Kemudian gempa terjadi pagi tadi, karena posisinya sejalur dengan sesar dan masuk di wilayah Weleri dan Batang. Jalur sesar Weleri memiliki arah melintang dari barat hingga menuju ke arah Kendeng Pati.

AYO BACA : 12 Sekolah di Kendal Gelar Pembelajaran Tatap Muka Tahap 3

Pihak BPBD Kendal sudah merilis di situs resminya terkait gempa yang terjadi hari ini. Gempa tersebut, meski berskala kecil namun dapat dirasakan getarannya di tiga kecamatan, diantaranya di Kecamatan Sukorejo, Plantungan dan Patean.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Tradisi Weh-Wehan yang Tidak Lekang oleh Zaman

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:10 WIB

Giatkan Vaksinasi Usia 12 Tahun di Sekolah-sekolah

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:09 WIB
X