Masa Pandemi, Pasar Digital Membuka Peluang UMKM Kendal Kembangkan Produk

- Kamis, 3 Juni 2021 | 13:16 WIB
Ketua TP PKK Kendal Wynne Chacha Frederica bersama Bupati Kendal Dico M Ganinduto melihat produk UMKM Kendal dalam expo UMKM di Pendopo Bahurekso Kendal Kamis 03 Juni 2021. (edi prayitno/kontributor kendal)
Ketua TP PKK Kendal Wynne Chacha Frederica bersama Bupati Kendal Dico M Ganinduto melihat produk UMKM Kendal dalam expo UMKM di Pendopo Bahurekso Kendal Kamis 03 Juni 2021. (edi prayitno/kontributor kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Kondisi perekonomian Kabupaten Kendal pada tahun 2020 mengalami kontraksi pada angka -1,53% sebagai dampak pandemi.

Namun Kabupaten Kendal terus melakukan pembenahan dengan berfokus pada industri dan investasi serta penggerakan UMKM dan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan.

Perkembangan teknologi membuat semua sektor harus mampu memanfaatkan dengan baik. Pemkab Kendal terus  memberikan dukungan dan semangat kepada pelaku UMKM Kendal dengan percepatan digitalisasi UMKM Kendal.

AYO BACA : Polrestabes Semarang Menggelar Vaksinasi di 69 Titik Kota Semarang

“Langkah Pemerintah Kabupaten Kendal dalam mendorong digitalisasi UMKM Kendal adalah langkah yang tepat. Pasalnya, teknologi saat ini telah mengubah kegiatan jual beli ke arah digital, dan di masa pandemi ini pasar digital menjadi peluang bagi pelaku UMKM dalam meluaskan pemasarannya,” jelas Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat membuta Expo UMKM 2021 di Pendopo Bahurekso, Kamis 3 Juni 2021.

Harapannya dengan mendukung UMKM terutama dengan mendorong digitalisasi UMKM Kendal dapat menciptakan industri yang mandiri, adaptif, dan berkelanjutan.

Saat ini Kabupaten Kendal memiliki 31.000 UMKM berskala mikro dengan 9.446 UMKM telah terdaftar dalam sistem ODS (Online Data Sistem), 3.029 UMKM telah diberikan pendampingan kelembagaan dan usaha, serta 2.561 UMKM telah diberikan dukungan fasilitasi pelatihan.

AYO BACA : Cuma Bayar Pajak Bumi, 26 SPBU Kendal Bakal Upgrade Nilai PBB

Sesuai dengan program  100 hari kerja dalam mendukung upaya digitalisasi UMKM langkah konkret yang telah dilakukan Pemkab Kendal di antaranya adalah membentuk satgas digitalisasi UMKM, forum UMKM Kecamatan, pembimbingan transformasi UMKM digital, MoU dengan digital platform dan LPEI.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Hobi Menulis, Warga Kaliwungu ini Terbitkan 14 Buku

Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:45 WIB

Ajak Warga Tetap Prokes dan Berbagi Nasi Kotak

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Ini Filosofi Santri Versi Gus Basyarrohman

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:45 WIB

Warga Keluhkan Sampah Menumpuk Sepanjang Sungai Aji

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:10 WIB
X