PPKM Darurat, Kegiatan Donor Darah Ditunda

- Selasa, 13 Juli 2021 | 12:41 WIB
Aksi donor darah PAC Ansor Kaliwungu beberapa waktu lalu. Di masa PPKM Darurat kegiatan donor darah ditunda untuk menghindari kerumunan. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Aksi donor darah PAC Ansor Kaliwungu beberapa waktu lalu. Di masa PPKM Darurat kegiatan donor darah ditunda untuk menghindari kerumunan. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL,AYOSEMARARANG.COM -- Larangan untuk mengadakan kegiatan yang mengundang kerumunan dipatuhi PMI Kabupaten Kendal. Sejumlah kegiatan donor darah terpaksa ditunda untuk mematuhi aturan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

AYO BACA : Tidak Mau Ada Klaster Vaksinasi, Bupati Evaluasi Serbuan Vaksin Tiap Hari

Petugas Pelayanan Donor Darah PMI Kendal dr Agus Suwondo mengatakan, ada sekitar lima kegiatan donor darah di masyarakat yang terpaksa harus ditunda. Untuk mengatasi ketersediaan stok darah, pihaknya mempersilahkan bagi organisasi atau kelompok masyarakat untuk  melakukan donor darah di Kantor PMI.

AYO BACA : Diminta Tutup, Pedagang Angkringan Ngeyel dengan Petugas

"Dengan adanya PPKM Darurat memang ada jadwal donor darah yang dibatalkan, karena tidak mendapat izin dari aparat setempat," katanya.

Staf PMI Kendal, Yeni Murniasih menambahkan, organisasi atau kelompok masyarakat yang mengalihkan kegiatan donor darah di Kantor PMI diatur sesuai protokol kesehatan. Peserta donor yang masuk ruangan diatur, sehingga tidak berkerumun. "Ada komunitas yang akhirnya donor darah ke kantor, tetapi diatur, sehingga tidak semuanya masuk, tapi ada yang menunggu di luar," jelasnya.

Saat ini stok darah di PMI Kendal saat ini masih cukup untuk semua golongan. Stok darah di PMI Kendal pada Senin 12 Juli untuk golongan darah A sebanyak 86 kantong, golongan darah B 34 kantong, golongan darah O 43 kantong dan golongan darah AB 23 kantong. Jumlah total sebanyak 186 kantong.

AYO BACA : Kisah Relawan Pemakaman Covid-19 yang Harus Rela Tidur di Kuburan

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Tradisi Weh-Wehan yang Tidak Lekang oleh Zaman

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:10 WIB

Giatkan Vaksinasi Usia 12 Tahun di Sekolah-sekolah

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:09 WIB
X