PMI Kendal Krisis Darah, Stok Golongan Darah AB Menipis

- Kamis, 22 Juli 2021 | 14:36 WIB
Dokter PMI Kendal menunjukan stok darah yang ada dan terus menipis. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Dokter PMI Kendal menunjukan stok darah yang ada dan terus menipis. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL,AYOSEMARANG.COM -- Pemberlakukan PPKM darurat membuat PMI Cabang Kendal krisis darah. Bahkan stok darah yang ada di PMI Kendal mulai menipis khususnya untuk golongan darah AB.

Dokter PMI Kendal, dr Agus Soewondo mengatakan, kebutuhan kantong darah di PMI Kendal sebelum diterapkannya PPKM Darurat mencapai 1000 kantong dalam setiap bulannya. "Saat ini kita hanya bisa melayani separonya saja, karena stok yang menipis," kata Agus Soewondo, Kamis 22 Juli 2021.

Menipisnya stok darah, kata Agus, disebabkan para pendoroh baru saja menjalani vaksinasi. Pendonor secara aturan dapat mendonorkan darahnya setelah dua minggu menerima vaksin. Selain itu, meningkatnya jumlah warga yang membutuhkan darah juga menjadi salah satu faktor menipisnya stok darah di PMI.

AYO BACA : PPKM Darurat, Kegiatan Donor Darah Ditunda

Faktor lainnya yang menyebabkan menipisnya stok darah disebabkan dengan pembatalan sejumlah kegiatan donor ke lapangan selama masa PPKM Darurat. Selama diberlakukannya PPKM Darurat, PMI Kendal hanya melayani pendonor yang datang ke kantor unit donor darah.

"Pernah selama masa PPKM Darurat stok darah menipis, bahkan ada satu golongan darah yang hanya tersisa satu kantong," imbuhnya.

Agus mengaku, selama ini animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya terbilang cukup tinggi. Namun semua itu terkendala dengan diterapkannya PPKM Darurat. Masyarakat menjdi takut keluar rumah, apalagi untuk mendonorkan darah.

AYO BACA : Rektor UI Ari Kuncoro Mundur dari Jabatan Komisaris, Begini Reaksi BRI

Dia mengungkapkan, data terakhir stok darah di PMI Kendal untuk golongan darah O tersisa 5 kantong. Golongan darah A tersisa 61 kantong. Golongan darah B tersedia 10 kantong dan golongan darah A-B tersedia satu kantong.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Covid-19 di Kendal Renggut 16 Ibu Hamil

Kamis, 16 September 2021 | 18:41 WIB

Stok Vaksin Melimpah, Kendal Optimistis Penuhi Target

Kamis, 16 September 2021 | 12:44 WIB

Miris, Ribuan Tempat Ibadah di Kendal Belum Miliki IMB

Rabu, 15 September 2021 | 11:03 WIB

Bertambah, Ini Syarat Sekolah Gelar PTM di Kendal

Selasa, 14 September 2021 | 11:10 WIB

Alhamdulillah, Polsek Kangkung Bakal Punya Musala

Senin, 13 September 2021 | 16:19 WIB
X