Penerapan PPKM di Kendal, BOR di RSI Muhammadiyah Turun 15 Persen

- Rabu, 28 Juli 2021 | 16:55 WIB
Suasana IGD RSI Muhammadiyah Weleri Kendal yang mulai lengang setelah diberlakukan PPKM darurat dan level4. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Suasana IGD RSI Muhammadiyah Weleri Kendal yang mulai lengang setelah diberlakukan PPKM darurat dan level4. (edi prayitno/kontributor Kendal)

WELERI, AYOSEMARANG.COM -- Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kendal berpengaruh terhadap Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat isolasi di sejumlah rumah sakit di Kendal.

Salah satunya di Rumah Sakit Islam (RSI) Muhammadiyah Kendal jumlah pasien positif Covid-19 turun 10 hingga 15 persen. Khususnya di IGD RSI Kendal, dari 20 tempat tidur kini hanya ditempati 3 pasien.

Dokter jaga RSI Kendal, Arfa Bima Firizqina mengatakan, saat PPKM darurat dan level 4 berjalan, masih terjadi lonjakan pasien Covid-19. Bahkan, dari kapasitas 15 tempat tidur di IGD, dimaksimalkan menjadi 20 tempat tidur untuk mengantre ruang isolasi. 

Dikatakan, kini tinggal 3 pasien yang masih menjalani perawatan di ruang IGD RSI Kendal. Sementara ruang isolasi Covid-19 sejumlah 45 tempat tidur masih terisi semua. 

Sejak ada PPKM, kunjungan pasien Covid-19 di RSI Kendal turun. Bed mulai banyak yang kosong, pasien di IGD tinggal 3 pasien. Dari sebelumnya pernah digunakan untuk merawat 20 pasien, terangnya, Rabu 28 Juli 2021.

AYO BACA : Perbaikan Tanggul Kalibodri Gelontorkan Anggaran Rp6,1 Miliar

Sementara Humas RSI Muhammadiyah Kendal, Farid Hermawan menambahkan, menurunnya pasien Covid-19 yang harus dirawat di rumah sakit membuat para tenaga kesehatan sedikit menghela napas. Meskipun, hanya tempat tidur di IGD yang mulai kosong. 

Farid menjelaskan, tingginya angka pasien Covid-19 yang harus mendapatkan perawatan medis di rumah sakit membuat pelayanan Covid-19 dan non Covid-19 sempat berjalan kurang maksimal.

Hal itu disebabkan oleh minimnya tenaga medis setelah banyak dari mereka terpapar Covid-19.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

Covid-19 di Kendal Renggut 16 Ibu Hamil

Kamis, 16 September 2021 | 18:41 WIB

Stok Vaksin Melimpah, Kendal Optimistis Penuhi Target

Kamis, 16 September 2021 | 12:44 WIB
X