Wisata Tak Kunjung Dibuka, Pelaku Usaha Kendal Terpaksa Hutang dan Jual Barang

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 11:08 WIB
Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama istri Wynne Chaca Frederica membagikan sembako kepada pelaku usaha di Pantai Ngebum Kaliwungu Sabtu 31 Juli 2021. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama istri Wynne Chaca Frederica membagikan sembako kepada pelaku usaha di Pantai Ngebum Kaliwungu Sabtu 31 Juli 2021. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KALIWUNGU, AYOSEMARANG.COM -- Pelaku usaha tempat wisata di Kendal terpaksa menjual barang dan berhutang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tempat wisata di Kendal yang belum buka membuat pelaku usaha di tempat wisata ini tidak mendapatkan penghasilan.

Para pelaku usaha ini hanya meminta, tempat wisata kembali dibuka sehingga bisa mendapatkan penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kondisi Pantai Ngebum di Desa Mororejo Kaliwungu Kendal nampak sepi dan tidak adaaktivitas sama sekali. Deretan lapak pedagang dibiarkan begitu saja, toko dan warung sepanjang lokasi wisata pantai ini juga tutuptidak membuka usahanya. Fasilitas yang biasanya ramai digunakan pengunjung seperti kursi santai dan pelampung dari ban bekas dibiarkan rusak karena tidak dirawat.

AYO BACA : Bupati Dico Ganinduto Sisihkan Gaji untuk Membantu Masyarakat Kendal Terdampak PPKM

Kondisi ini sudah berlangsung hampir 3 bulan, meski sempat dibuka saat pandemi namun tidak berpengaruh karena pengunjung dibatasi. Apalagi sejak diberlakukan PPKM Level 4 praktis seluruh obyek wisata dilarang buka dan tutup total. Sejumlah pedagang yang biasanya mengandalkan dari pengunjung obyek wisata, terpaksa harus berhutang atau menjual barang berharga untuk bertahan hidup.

Pelaku usaha ini hanya berharap tempat wisata kembali dibuka sehingga perekonomian warga bisa berjalan normal. Diakuinya bantuan dari manapun belum diterima, sehingga terpaksa mengandalkan hidup dari hutang atau menjual barang berharga.

“Sejak lebaran tidak buka karena lockdown jadi sama sekali tidak ada pemasukan. Untuk kebutuhan sehari-hari terpaksa hutang atau jual perhiasan. Biasanya mengandalkan penghasilan dari sewa pelampung ban bekas atau tempat bilas,” jelas Masruroh pedagang di Pantai Ngebum.

AYO BACA : Sejarah! Greysia/Apriyani Melaju Final Olimpiade Tokyo 2020

Derita pelaku usaha di tempat wisata ini ditanggapi Bupati Kendal Dico M Ganinduto untuk memberikan semangat dan menyisihkan gaji sebagai bupati untuk membantu pelaku usaha ini.Dikatakan bupati, bantuan sembako yang sedikit bisa membantu pelaku usaha/ untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

50% Santri di Kendal Sudah Dapatkan Vaksinasi Covid-19

Senin, 20 September 2021 | 19:18 WIB
X