2.200 Lapak Pedagang Relokasi Pasar Darurat Siap Ditempati

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:10 WIB
Alfebian Yolando, plt Kepala Dinas Perdagangan Kendal. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Alfebian Yolando, plt Kepala Dinas Perdagangan Kendal. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Sebanyak 2.200 lapak untuk relokasi pedagang Pasar Weleri di Terminal Bahurekso Desa Jenarsari. Kecamatan Gemuh, Kendal siap ditempati. 

Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal kini mengebut pembangunan relokasi pasar darurat Weleri  yang menelan anggaran Rp 3,6 miliar. Pembangunan  ditarget selesai pada pekan ini, lebih cepat 2 pekan dari batas kontrak yang sudah ditetapkan.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kendal, Alfebian Yulando mengatakan, pembangunan pasar relokasi ditarget selesai akhir pekan ini dengan menyisakan 6 persen pembangunan.

Setelah itu, Disdag akan melakukan pengundian 2.200 pedagang untuk menempati brak-brak yang sudah disiapkan. Akan tetapi, perpindahan pedagang dari lokasi pasar Weleri yang terbakar dijadwalkan pada awal September nanti.

AYO BACA : Komisi B DPRD Kendal: Optimalkan PAD dari Pasar Relokasi Weleri

Sisa waktu yang ada digunakan untuk merapikan los dan kios, serta melengkapi fasilitas pendukung seperti alas lantai (palet), tempat sampah, dan tambahan toilet yang diambilkan dari dana CSR.

"Sesuai kontrak seharusnya selesai 19 Agustus. Kita kebut selesai pekan ini, tinggal pekerjaan bagian atap. Untuk pemindahan nanti butuh proses, sisa waktu yang ada bisa juga digunakan pedagang menambah sekat pembatas kiosnya," terangnya.

Beberapa persiapan lain seperti pengalihan truk-truk yang parkir di sekitar terminal sudah dikomunikasikan dengan pihak Dinas Perhubungan. Termasuk rute angkutan umum dari Pasar Weleri yang terbakar ke Terminal Bahurekso.

Dikatakan, para pedagang nantinya akan menempati pasar darurat sampai pasar induk sudah dibangun dengan APBN. Untuk mengurangi beban pedagang, pihaknya menggratiskan biaya sewa kios dan los kepada semua pedagang, hanya dibebani retribusi kebersihan.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Covid-19 di Kendal Renggut 16 Ibu Hamil

Kamis, 16 September 2021 | 18:41 WIB

Stok Vaksin Melimpah, Kendal Optimistis Penuhi Target

Kamis, 16 September 2021 | 12:44 WIB

Miris, Ribuan Tempat Ibadah di Kendal Belum Miliki IMB

Rabu, 15 September 2021 | 11:03 WIB

Bertambah, Ini Syarat Sekolah Gelar PTM di Kendal

Selasa, 14 September 2021 | 11:10 WIB
X