Baru Dapat Vaksin AstraZeneca, Dinkes Kendal Siapkan Obat Demam

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 18:15 WIB
Vaksinasi yang kembali dilakukan Pemkab Kendal menggunakan AstraZeneca. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Vaksinasi yang kembali dilakukan Pemkab Kendal menggunakan AstraZeneca. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Kali pertama mendapatkan dosis vaksin jenis AstraZeneca, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal menyiapkan  antisipasi vaksinasi Covid-19. Hal itu menyusul banyaknya kasus penyerta pasca dilakukan imunisasi.

Kepala Dinkes Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan Kendal saat ini mendapatkan 500 vial vaksin AstraZeneca, atau setara dengan 5.000 dosis vaksin. Rencananya akan diberikan kepada masyarakat umum dengan usia 30 tahun ke atas.

Namun sebelum disuntikkan, Dinkes akan memastikan ketersediaan obat-obatan. Sebab di beberapa daerah banyak kasus penyerta pascaimunisasi AstraZeneca. Di mana warga yang mendapatkan vaksin mengalami sakit. Seperti demam, batuk, mual dan sebagainya.

AYO BACA : Kisah Carina Citra dan Indra Rudiansyah, Peneliti Asal Indonesia yang Berkontribusi Pengembangan Vaksin AstraZeneca

“Vaksin jenis Astrazeneca ini merupakan yang pertama kami dapatkan. Makanya, kami mencoba melihat kejadian pengikut pascaimunisasi itu terbanyak apa! Sehingga bisa kami antisipasi,” katanya, Rabu 4 Agustus 2021.

Salah satu antisipasinya, adalah akan disiapkan paket obat demam. Sehingga kejadian setelah imuniasi dapat diminimalisasi. Jadi nantinya peserta vaksin akan berikan obat semua.

“Terutama obat demam. Karena kebanyakan kasus yang terjadi pasca diimuniasi adalah demam,” katanya.

AYO BACA : Benarkah Ada Microchip di Vaksin Covid-19? Peneliti AstraZaneca Ungkap yang Sebenarnya

Lebih lanjut dikatakan Ferinando, ada perbedaan antara vaksin Covid-19 jenis Sinovac dengan AstraZeneca. Katanya, Sinovac adalah diambil dari virus yang sudah dimatikan. Sementara AstraZeneca merupakan dibuat dari virus yang sudah dilemahkan.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Covid-19 di Kendal Renggut 16 Ibu Hamil

Kamis, 16 September 2021 | 18:41 WIB

Stok Vaksin Melimpah, Kendal Optimistis Penuhi Target

Kamis, 16 September 2021 | 12:44 WIB

Miris, Ribuan Tempat Ibadah di Kendal Belum Miliki IMB

Rabu, 15 September 2021 | 11:03 WIB
X