10 Manfaat Propolis, Lem Lebah Penuh Khasiat untuk Kesehatan Tubuh

- Selasa, 9 November 2021 | 07:10 WIB
Propolis yang biasanya dihasilkan lebah madu. (freepik)
Propolis yang biasanya dihasilkan lebah madu. (freepik)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Lem lebah atau dikenal dengan sebutan propolis, adalah zat lengket yang dibuat lebah madu dari beberapa bagian tanaman. Berikut manfaat propolis untuk kesehatan tubuh.

Propilis sebenarnya memiliki tekstur keras dan kasar, lalu akan menjadi halus dan elastis setelah dipanaskan. Aroma yang dihasilkan propolis sangat sedap bergantung pada warna dari propolis itu sendiri.

Kandungan nutrisi dari propolis antara lain flavonoid, polifenol, asam benzoate, benzaldehid, mineral dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tren Konsumsi Madu Beku, Amankah?

dilansir boldsky.com, berikut 10 manfaat propolis untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Propolis memiliki efek imunodulasi yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit terkait sistem imunitas. Selain itu, propolis bisa menambah volume sel darah putih, meningkatkan antibody, menggandakan sel B dan T, serta memberi perlindungan ketika vaksinasi.

2. Mengobati luka
Propolis memiliki kemampuan menyembuhkan luka karena kandungan anti-inflamasi yang tinggi, khususnya untuk pengidap diabetes dan masalah sirkulasi darah. Flavonoid dan asam fenolik dapat membantu mengobati lapisan yang rusak dan mengobati luka lebih cepat.

3. Mencegah infeksi virus
Makanan satu ini sangat ampuh melawan infeksi virus seperti herpes, hepatitis, influenza, ebola, virus saluran pernafasan, dan penyakit kuning. Kandungan flavonoid pada propolis berperan melawan beragam virus dan infeksi termasuk Covid-19.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Madu atau Gula Pasir? Ini Kata Ahli Nutrisi

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musim Hujan, Tetap Sehat dengan Konsumsi 5 Buah Ini

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:12 WIB

Vaksin Covid-19 Tetap Ampuh Lawan Varian Omicron

Selasa, 30 November 2021 | 08:47 WIB

Sering Patah Hati, Awas Kesehatan Tubuh Terganggu

Senin, 29 November 2021 | 21:19 WIB
X