Main HP Terus, Kapan Produktifnya? Ini 4 Cara Mengurangi Kecanduan Gadget

- Selasa, 23 November 2021 | 14:00 WIB
4 cara mengatasi kecanduan gadget, agar hidupmu lebih produktif  (Pixabay)
4 cara mengatasi kecanduan gadget, agar hidupmu lebih produktif (Pixabay)

AYOSEMARANG.COM -- Era digital seperti saat ini, memang banyak orang yang tidak bisa terlepas dari gadget. Bahkan ada yang sampai merasa cemas, resah, bahkan marah jika mereka kurang mengakses handphone (HP).

HP memang banyak memberikan dampak positif bagi penggunanya, seperti mempermudah komunikasi, mempermudah mencari informasi, dapat dijadikan sebagi media untuk bekerja dan belajar, serta masih banyak lagi. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa terlalu banyak menggunakan gadget juga dapat memberikan dampak negatif, loh.

Salah satu ilmuwan tingkah laku, Susan Weinschenk menjelaskan bahwa hormon dopamine adalah alasan dibalik seseorang mengalami kecanduan terhadap HP. Dopamine sendiri adalah hormon yang mengatur sensasi rasa senang dalam tubuh kamu.

Baca Juga: Rekomendasi 7 HP Vivo Harga 2 Jutaan Ini Bawa Spesifikasi Menarik

Selain dapat memunculkan rasa senang, ternyata dopamine juga dapat memunculkan dorongan atau motivasi dalam diri buat mencari hal-hal yang bisa bikin kamu senang. Hal itulah yang akhirnya dapat mendorong kamu untuk terus mencari hal tersebut, akhirnya kamu kecanduan deh sama gadget.

Orang yang kecanduan terhadap HP biasanya akan sulit untuk melepaskannya, walaupun hanya sebentar. Akhirnya seharian cuma mainin smartphone tanpa melakukan hal apapun.

Terus gimana sih cara mengatasi hal tersebut? Berikut ini cara mengatasi kecanduan handphone yang dilansir Ayosemarang dari berbagai sumber:

Baca Juga: Begini Cara Merawat Baterai Ponsel yang Benar

1. Mengakui diri kalau kecanduan HP

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Berhenti dari Kebiasaan Menonton Film Dewasa

Minggu, 28 November 2021 | 02:36 WIB

3 Buah Memperlancar ASI, Ibu Menyusui Harus Coba!

Jumat, 26 November 2021 | 15:22 WIB

Tak Memenuhi Jam Tidur yang Ideal? Ini Akibatnya

Rabu, 24 November 2021 | 15:35 WIB

5 Tips Mengatasi Anak Mudah Ngambek

Selasa, 23 November 2021 | 07:00 WIB
X