Hati-hati, 5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Depresi

- Rabu, 19 Mei 2021 | 08:05 WIB
Ilustrasi gangguan depresi (unsplash)
Ilustrasi gangguan depresi (unsplash)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Depresi dapat diartikan juga sebagai gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih terlalu mendalam, tertekan hingga kehilangan minat dalam beraktivitas.

Efek depresi dapat berlangsung lama atau bahkan berulang. Hal ini jelas akan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berfungsi dan menjalani aktivitas harian.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab depresi. Namun ada beberapa faktor yang memengaruhi, seperti gangguan kimia pada otak, hormon, keturunan hingga gaya hidup.

Dirangkum dari The Healthy, jika Anda sudah berisiko mengalami gangguan yang melemahkan energi dan mematikan pikiran ini, lebih baik Anda menghindari kebiasaan yang dapat merusak suasana hati. Berikut di antaranya:

1. Menghabiskan banyak waktu sendirian

AYO BACA : Depresi Ternyata Bisa Menular, Begini Penjelasannya

Menghabiskan waktu berkualitas sendirian sesekali memang dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan mental Anda, kata Susan Heitler, PhD, seorang psikolog klinis dan penulis Prescriptions Without Pills.

Namun, Heitler memperingatkan, menghabiskan terlalu banyak waktu dalam kesendirian dapat membalikkan efek ini dan benar-benar meningkatkan risiko depresi. Untuk melindungi diri Anda, dia menekankan pentingnya menciptakan persahabatan yang kuat dan hubungan dengan orang lain.

2. Jarang melihat alam

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Jangan Seenaknya, Ini Sederet Etika saat Workout di Gym

Senin, 27 September 2021 | 16:17 WIB

Minum Kopi Sehat di Pagi Hari, Boleh Dicampur Gula?

Minggu, 26 September 2021 | 08:30 WIB

Konsumsi Makanan Ini Bisa Jaga Kesehatan Usus

Minggu, 26 September 2021 | 08:00 WIB

PASTI MANJUR, Atasi Sesak Nafas dengan 5 Cara Ini

Jumat, 24 September 2021 | 19:18 WIB
X