Rencanakan Kehamilan, Ini Cara Menghitung Masa Subur

- Kamis, 27 Mei 2021 | 12:15 WIB
Menghitung masa subur jika tengah merencanakan kehamilan. (istimewa)
Menghitung masa subur jika tengah merencanakan kehamilan. (istimewa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Jika tengah merencanakan kehamilan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan dengan lancar. Salah satunya adala dengan mengetahui masa subur yang tepat.

Sehingga dapat mempercepat terjadi kehamilan. Pasalnya, peluang terjadinya proses kehamilan akan meningkat pada masa subur. Seperti diketahui, masa subur pada perempuan terjadi setiap bulannya.

Lalu bagaimana mengetahui masa subur tersebut ? Dan bagaimana caranya menghitung masa subur tersebut?

AYO BACA : Perhatikan, Begini Prosedur Persalinan Ibu Hamil yang Terpapar Covid-19

Seorang dokter bernama Dr Mario Johan belum lama ini mengunggah sebuah video diakun TikToknya @dr.joee untuk membantu para perempuan mengetahui kapan masa suburnya dan cara menghitungnya.

Untuk menjalani program kehamilan, seorang perempuan harus tahu dulu siklus menstruasinya. Mario menjelaskan bahwa kebanyakan perempuan umumnya mengalami siklus menstruasi selama 28 hari.

“Tapi ada juga yang 21, 30 sampai 35 hari. Nah jadi  hari pertama kamu menstruasi kamu catet di kalender. Contohnya kamu menstruasi ditanggal 1, lalu disiklus berikutnya kamu menstruasi hari pertama kamu tandai juga misalnya tanggal 28,” ujar Dr Joee dalam video tersebut, dilasir Suara.com,  Kamis 27 Mei 2021.

AYO BACA : Heboh SMS Gempa Magnitudo 8,5 Berpotensi Tsunami, Begini Penjelasan BMKG

“Nah siklus kamu berarti 28 hari, Nah abis itu hari menstruasi pertama berikutnya dikurangi 14, 28 dikurangin 14 berarti tanggal 14. Terus plus minus 2. Jadi tanggal 12 sampai 16 itu adalah masa subur. Kalau supaya cepet hamil berarti berhubungan disekitar tanggal itu. Tapi kalau nggak mau hamil jangan berhubungan ditanggal itu,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Kondisi Orang yang Tak Dianjurkan Minum Air Kelapa

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:39 WIB

7 Vitamin yang Bisa Mengurangi Depresi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Jangan Buang Kulit Kentang, Bisa Mengobati Jantung!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:14 WIB
X