Cara Hindari Stres saat Isolasi Mandiri Agar Kesehatan Mental Terjaga

- Sabtu, 10 Juli 2021 | 08:50 WIB
Ilustrasi, isolasi mandiri di rumah. (istimewa)
Ilustrasi, isolasi mandiri di rumah. (istimewa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Rasa cemas, khawatir, dan ketakutan tidak dipungkiri sering muncul saat isolasi mandiri (isoman). Kondisi itu merupakan hal yang umum terjadi. Meski begitu, hal itu tidak lantas dibiarkan begitu saja untuk menjaga kondisi mental agar tetap sehat.

Psikiater dari Universitas Gadjah Mada, Ronny Tri Wirasto mengatakan, isoman merupakan sebuah kondisi yang menimbulkan jarak baik secara fisik, emosi maupun finansial. Jarak tersebut berpotensi memunculkan sejumlah persoalan.

"Secara umum, permasalahan yang kerap terjadi saat isolasi mandiri yaitu ketakutan menghadapi penyakit itu sendiri, ketakutan saat isoman, kebosanan dan frustasi. Persoalan ini yang kita hadapi bersama saat ini," kata Ronny, Jumat 9 Juli 2021.

Kaprodi Pendidikan Spesialis Ilmu Kejiwaan FKKMK UGM ini membagikan beberapa cara hadapi stres agar mental sehat selama isolasi. Salah satunya membatasi menonton, membaca, atau mendengar berita dan cerita baru terkait Covid-19, termasuk di medsos.

AYO BACA : Tanda Selesai Isolasi Mandiri, Tak Perlu Hasil Tes PCR Negatif

"Pembatasan bisa berupa waktu, jumlah, topik atau sumbernya. Atur waktu dalam pembatasan ini," ujar Ronny.

Cara lain dengan melakukan perawatan tubuh secara optimal mulai dari kebersihan hingga aktivitas fisik. Beberapa tambahan aktivitas fisik yang dapat dilakukan seperti melakukan latihan bernafas dalam, peregangan, dan meditasi yang terarah.

Selain itu, mengatur makanan dengan pola seimbang, melakukan olahraga ringan secara teratur dan hindari konsumsi alkohol dan rokok. Kemudian, yang tidak kalah penting usahakan tetap terhubung dengan orang lain seperti keluarga, kerabat, dan teman.

Selalu berkomunikasi untuk membagi kondisi dan perasaan saat ini, dapat melalui media sosial, daring, maupun telpon. Seseorang perlu segera mendapatkan pendampingan profesional, baik konselor, psikolog atau psikiater jika tetap alami kesulitan.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Kondisi Orang yang Tak Dianjurkan Minum Air Kelapa

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:39 WIB

7 Vitamin yang Bisa Mengurangi Depresi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Jangan Buang Kulit Kentang, Bisa Mengobati Jantung!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:14 WIB
X