Pro-Kontra Suntikan Booster Covid-19 di Tengah Penyebaran Varian Delta

- Minggu, 18 Juli 2021 | 12:18 WIB
[ilustrasi] Pro dan kontra dari para ahli kesehatan mengkhawatirkan pemberian suntikan dosis ketiga atau booster vaksin Covid-19.(dok)
[ilustrasi] Pro dan kontra dari para ahli kesehatan mengkhawatirkan pemberian suntikan dosis ketiga atau booster vaksin Covid-19.(dok)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Pro dan kontra dari para ahli kesehatan mengkhawatirkan pemberia suntikan dosis ketiga atau booster vaksin Covid-19.

Penyebaran varian Delta yang cepat memunculkan pro dan kontra mengenai perlu atau tidaknya mendapatkan dosis ketiga vaksin Covid-19.

Menurut beberapa ahli, mendapatkan dosis ketiga atau booster terlalu cepat memilki konsekuensi yang patut diwaspadai.

Kepala Divisi Penyakit Menular Anak dari University of Utah School of Medicine Andrew T Pavia MD IDSA menyoroti adanya potensi masalah bila booster vaksin Covid-19 diberikan terlalu cepat.

Sama seperti vaksin lain, Pavia mengatakan ada kondsii yang langka di mana ketika seseorang mendapatkan lebih banyak dosis, respons imunnya justru tak bekerja optimal.

"Sebuah masalah jarang terjadi ketika Anda mendapatkan lebih banyak dosis, Anda sebenarnya memiliki respons imun yang teredam," ungkap Pavia, seperti dilansir BestLife, Minggu 18 Juli 2021.

AYO BACA : Mengenal Virus Covid-19 Varian Delta: Cara Menular, Gejala, dan Proses Penyembuhannya

Hal senada juga diungkapkan ahli imunologi dari University of Pennsylvania John Wherry. Wherry mengatakan ketika seseorang mendapatkan banyak dosis vaksin, sistem imun akan berhenti belajar memproduksi antibodi untuk melawan material yang dipaparkan oleh vaksin-vaksin lain.

"Pada titik itu, sel-sel mengalami semacam burnout dari terlalu banyaknya informasi," tutur Wherry.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Kondisi Orang yang Tak Dianjurkan Minum Air Kelapa

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:39 WIB

7 Vitamin yang Bisa Mengurangi Depresi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Jangan Buang Kulit Kentang, Bisa Mengobati Jantung!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:14 WIB
X