Perhatikan, 4 Tanda Saturasi Oksigen Pasien Covid-19 Rendah

- Senin, 19 Juli 2021 | 13:01 WIB
Mengukur saturasi oksigen menggunakan oximeter.  (Stanley Ng/Pexels)
Mengukur saturasi oksigen menggunakan oximeter. (Stanley Ng/Pexels)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Sesak napas dan kekurangan oksigen termasuk gejala umum yang dialami pasien Covid-19. Direktur All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) Dr Randeep Guleria mengatakan,  tidak setiap pasien Covid-19 memerlukan bantuan napas melalui tabung oksigen.

Kondisi yang memberatkan saat pasien benar-benar membutuhkan perawatan adalah ketika tanda-tandanya menjadi kritis dan mulai memengaruhi fungsi organ vital. Salah satunya dipengaruhi oleh tingkat saturasi oksigen.

Guleria menjelaskan, saturasi oksigen mengacu pada tingkat hemoglobin yang teroksigenasi dalam darah dan diangkut dari paru-paru ke berbagai organ sehingga membantu mempertahankan fungsi vital.

Saturasi oksigen yang diukur dengan oximeter dan menunjukan angka di atas 94 masih dianggap sehat. Sementara saturasi oksigen di bawah 94 telah dapat menyebabkan hipoksemia, yang dapat menimbulkan masalah lebih lanjut.

Saturasi oksigen yang turun secara konsisten hingga di bawah 90, dianggap sebagai tanda peringatan dan dibutuhkan bantuan medis segera.

Selain diukur dengan oximeter, orang yang mengalami penurunan satuasi oksigen umumnya akan mengalami sesak napas, kesulitan bernapas, hingga nyeri dada. Pada beberapa pasien Covid-19, penurunan kadar oksigen dan sesak napas itu dapat memperparah infeksi saluran pernapasan hingga memengaruhi fungsi organ vital.

AYO BACA : Berapa Saturasi Oksigen Normal Orang Dewasa? Begini Cara Meningkatkannya

Bisa juga muncul dalam bentuk Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) atau infeksi saluran pernapasan akut.

Dikutip dari laman Times of India, berikut tanda-tanda yang harus diperhatikan jika saturasi oksigen pasien Covid-19 rendah:

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Kondisi Orang yang Tak Dianjurkan Minum Air Kelapa

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:39 WIB

7 Vitamin yang Bisa Mengurangi Depresi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Jangan Buang Kulit Kentang, Bisa Mengobati Jantung!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:14 WIB
X