3 Kelompok Orang yang Perlu Isolasi Mandiri, Siapa Saja?

- Senin, 19 Juli 2021 | 16:49 WIB
Ilustrasi, ada 3 kelompok yang harus melakukan isolasi mandiri. (iStockphoto/demaerre)
Ilustrasi, ada 3 kelompok yang harus melakukan isolasi mandiri. (iStockphoto/demaerre)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Virus corona varian Delta terdeteksi sudah menyebar di berbagai wilayah Indonesia. Varian Delta ini dikenal juga dengan B.1.617.2 dan pertama kali teridentifikasi di India.

Perlu diketahui, varian Delta 6 kali lebih menular ketimbang varian Alpha yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Ketua Umum PB IDI, dr Daeng M Faqih, pun menyebutkan bahwa saat ini kasus Covid-19 di Indonesia mayoritas disebabkan oleh varian Delta.

"Varian Delta ini menghasilkan daya sakit lebih berat dan rawat inap 2 kali lipat. Berdasar kawan yang di RS Persahabatan, dari 211 pasien Covid-19 yg masuk, 160 karena varian delta. Jadi sekarang hampir 80% kasus Covid-19 disebabkan oleh varian Delta," ujarnya dalam Webinar Panduan Isolasi Mandiri Lengkap untuk Keluarga yang diselenggarakan Tokio Marine, dikutip Himedik.com, Senin 19 Juli 2021.

Di sisi lain, varian Delta ini juga ternyata dapat menginfeksi mereka yang dulunya dianggap tidak rentan, seperti usia dewasa muda dan anak-anak.

Karena itu, perlu dilakukan tindakan pencegahan mengurangi penularan Covid-19, salah satunya adalah dengan melakukan isolasi mandiri (isoman).

AYO BACA : Isolasi Mandiri di Rumah, Apakah Boleh Lepas Masker?

Dengan isolasi mandiri, seseorang yang terinfeksi dapat menjaga kesehatan sekaligus mencegah menularkan Covid-19 ke orang lain. Terkait isolasi mandiri, dr Daeng menyebut bahwa ada 3 kelompok yang harus melakukannya.

Pertama, adalah orang tanpa gejala (OTG).

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

PASTI MANJUR, Atasi Sesak Nafas dengan 5 Cara Ini

Jumat, 24 September 2021 | 19:18 WIB

PRIA WAJIB WASPADA, Ini Tanda-tanda Awal Impotensi

Jumat, 17 September 2021 | 19:35 WIB
X