Latihan Napas Ini Bisa Turunkan Risiko Serangan Jantung, Cukup 5 Menit!

- Rabu, 21 Juli 2021 | 16:42 WIB
Ilustrasi, latihan napas turunkan risiko serangan jantung. (Istockphoto/PeopleImages)
Ilustrasi, latihan napas turunkan risiko serangan jantung. (Istockphoto/PeopleImages)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Usaha menurunkan risiko serangan jantung, Anda dapat memulai latihan pernapasan yang sederhana. Studi terbaru mengungkapkan bahwa sebuah metode latihan pernapasan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan jantung.

Dilansir dari Republika.co.id, latihan pernapasan ini dikenal dengan nama high-resistance inspiratory muscle strength training (IMST). IMST digadang sebagai latihan kekuatan untuk otot-otot pernapasan.

Latihan ini hanya membutuhkan waktu 5 menit. Bila dilakukan 6 hari per pekan, IMST dapat membantu menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung.

AYO BACA : Tata Cara Latihan Pernapasan untuk Pasien Covid-19

IMST pertama kali dikembangkan pada era 1980-an untuk membantu orang-orang dengan penyakit pernapasan berat. Latihan ini melibatkan menarik napas melalui perangkat genggam yang memberikan perlawanan.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti University of Colorado Boulder, manfaat IMST bagi kesehatan jantung setara dengan latihan aerobik. Peneliti menilai latihan ini dapat menjadi alternatif menjaga kesehatan kardiovaskular bagi orang-orang yang tak memiliki banyak waktu atau akses.

"IMST bisa dirampungkan dalam waktu lima menit di rumah Anda ketika Anda menonton televisi," ujar ketua peneliti Daniel Craighead PhD.  

AYO BACA : Satgas PPKM Darurat Gringsing Beri Bantuan Paket Beras, Dibagikan Door to Door

Studi ini melibatkan 36 orang dewasa berusia 50-79 tahun dengan tekanan darah yang tinggi. Setengah dari partisipan tersebut diberikan latihan IMST resistensi tinggi selama lima menit. Latihan ini diterapkan selama enam hari per pekan.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Lawan Malasmu! Ini 4 Tips Atasi Prokrastinasi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:08 WIB

Kebutaan Akibat Kelainan Kornea Masih Tinggi

Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:21 WIB

TERNYATA Sarapan Sereal Buruk Bagi Tubuh, Kok Bisa?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:20 WIB

7 Manfaat Sarapan Pagi, Bisa Bikin Jantung Sehat

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:05 WIB

7 Manfaat Bangun Pagi, Bikin Kulit Makin Sehat

Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:45 WIB
X