5 Bahan Herbal Murah dan Mudah Didapat untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

- Kamis, 22 Juli 2021 | 16:40 WIB
Racikan jahe, kunyit, dan sejumput kayu manis jaga daya tahan tubuh. (Flickr)
Racikan jahe, kunyit, dan sejumput kayu manis jaga daya tahan tubuh. (Flickr)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Beberapa waktu belakangan ini negara kita sedang dilanda gelombang besar kedua Covid-19 dimana banyak terjadi lonjakan kasus positif dan bertambahnya angka kematian.

Hal tersebut membuat banyak orang menjadi lebih waspada dan lebih menjaga tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain protokol kesehatan yang harus selalu kita terapkan, alangkah baiknya juga menjaga daya tahan tubuh dari dalam. Berikut beberapa bahan herbal yang bisa bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Apa saja?

1. Jahe
Jahe merupakan rimpang yang sangat mudah kita temukan di Indonesia dan sudah turun-temurun digunakan oleh nenek moyang kita karena dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat jahe berasal dari kandungan senyawa alami bernama gingerol dan shogaol yang berfungsi untuk mengurangi mual dan muntah, selain itu jahe juga memiliki fungsi sebagai anti inflamasi, mamiliki antioksidan yang tinggi dan memiliki sifat anti radang. Jahe juga sering dikonsumsi karena dipercaya dapat menghangatkan badan karena rasanya yang pedas.

AYO BACA : 4 Olahan Minuman Herbal Tradisonal Penambah Imunitas Tubuh

Cara mengolahnya pun cukup mudah, kamu dapat merebus jahe dengan menambahkan sedikit gula jawa ataupun gula aren dan kamu juga dapat membuat ramuan dengan menambahkan jahe kemudian serai lalu tambahkan air putih hangat dan diamkan minimal 6 jam dan maksimal 12 jam lalu kamu dapat meminum air tersebut untuk menjaga daya tahan tubuhmu. Kamu bisa meminum ramuan ini satu kali sehari.

2. Kunyit
Kamu pasti juga tidk asing dengan rimpang yang satu ini, kunyit sangat mudah dikenali karena memiliki warna kuning cantik yang khas. Selain dapat memberi warna dan menambah rasa pada masakan, kunyit juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita.   

Kunyit sendiri terkandung senyawa kurkumin yang memiliki efek sebagai antioksidan bagi tubuh. Kamu bisa mengolah kunyit menjadi minuman kunit asam dengan menambahkan asam jawa dan gula aren, lalu rebus bahan-bahan tersebut dan kamu bisa meminumnya satu kali sehari. Selain manfaat antioksidan kunyit juga dapat digunakan sebagai pencegahan untuk penyakit kangker, mengatasi infeksi dan mengobati luka.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Lawan Malasmu! Ini 4 Tips Atasi Prokrastinasi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:08 WIB

Kebutaan Akibat Kelainan Kornea Masih Tinggi

Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:21 WIB

TERNYATA Sarapan Sereal Buruk Bagi Tubuh, Kok Bisa?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:20 WIB

7 Manfaat Sarapan Pagi, Bisa Bikin Jantung Sehat

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:05 WIB

7 Manfaat Bangun Pagi, Bikin Kulit Makin Sehat

Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:45 WIB
X