6 Tanda Usus Kotor, dari Sembelit hingga Bau Mulut

- Jumat, 30 Juli 2021 | 17:19 WIB
Ilustrasi usus yang kotor (yahoo.com)
Ilustrasi usus yang kotor (yahoo.com)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Usus merupakan bagian organ pencernaan yang memiliki peranan paling penting. Makanan yang kita konsumsi akan diserap oleh usus.

Makanan  yang tidak sehat akan menumpuk di dinding usus yang bisa menyebabkan usus kita kotor sehingga menimbulkan penyakit, seperti makanan yang banyak mengandung msg (makanan yang mengandung zat kimia), makanan yang berminyak, junkfood dan makanan yang tinggi gula.

AYO BACA : Pencernaan Sehat, Berapa Kali Idelanya BAB dalam Sehari?

Dikutip dari orami.co.id, penyakit yang bisa menyerang tubuh akibat usus kotor seperti kanker, penyakit jantung, obesitas dan sembelit kronis. Itu semua disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi tidak sehat. Usus yang kotor tidak bisa menyerap nutrisi makanan dengan baik. Lalu bagaimana kita bisa tahu kalau usus kita kotor? Simak beberapa tanda berikut ini.

1. Kulit yang berjerawat
Kulit yang berjerawat bisa disebabkan karena usus kita kotor lho. Usus yang kotor juga membuat masalah pada kulit. Hal ini disebabkan oleb ketidakstabilan hormon, apabila makanan yang kita konsumsi tidak sehat dapat berimbas pada proses  pembaruan sel kulit baru yang melambat.

AYO BACA : Segini Estimasi Biaya Umrah Jika Aturan Karantina 14 Hari Diterapkan

2. Sembelit
Salah satu penyebab kita susah buang air besar (Sembelit) bisa jadi penyebabnya karena usus kita kotor. Apabila pola makan kita tidak teratur dari mulai jenis makanan yang kurang serat,vitamin dan mineral, dan kekurangan minum air putih menyebabkan usus kesulitan dalam memproses makanan. Dilansir dari hallosehat.com apabila kita mengalami sembelit penyebabnya yakni karena usus kita penuh dengan sisa-sisa makanan. Makanan yang tidak sehat mengakibatkan usus tidak memproduksi banyak lender. Lendir ini berfungsi untuk melancarkan saluran sisa makanan di dalam usus agar mudah keluar.

3. Bau mulut
Kamu sudah sering sikat gigi tapi mulut masih bau? Anda patut waspada, bisa jadi itu tanda bahwa usus kamu kotor. Sisa-sisa makanan yang sulit dicerna berasal dari makanan yang kurang sehat. Apabila usus tidak bisa mencerna, sisa makanan yang mengendap menyebabkan gas  dalam perut naik ke rongga mulut  dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.
 
4. Mudah masuk angin
Kotoran atau sisa-sisa makanan yang mengendap terlalu lama dapat menyebabkan sendawa, dan perut kembung. Sehingga itu akan membuat anda tidak nyaman, jika dibiarkan terlalu lama, itu bisa menyebabkan anda masuk angin.

5. Badan pegal-pegal
Usus yang kotor akan menyebabkan nutrisi makanan tidak terserap dengan sempurna ke dalam tubuh. Hal itu bisa menyebabkan tubuh kita menjadi terinfeksi yang akan menimbulkan rasa pegal pada sekujur tubuh.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

PRIA WAJIB WASPADA, Ini Tanda-tanda Awal Impotensi

Jumat, 17 September 2021 | 19:35 WIB

Ini Hukum Islam Menelan Sperma Baik Disengaja atau Tidak

Selasa, 14 September 2021 | 12:23 WIB

Begini Penjelasan Pria Sering Ereksi di Pagi Hari

Minggu, 12 September 2021 | 07:45 WIB

TIPS Agar Bisa Tidur Nyenyak untuk Kurangi Kecemasan

Sabtu, 11 September 2021 | 20:38 WIB

Tips Mudah Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Sabtu, 11 September 2021 | 07:41 WIB
X