Pengamat: Peluang Airlangga di Munas Golkar Masih Kuat

- Senin, 22 Juli 2019 | 06:20 WIB
Airlangga Hartanto (kiri). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/pd.
Airlangga Hartanto (kiri). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/pd.

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM--Pengamat politik, Jerry Massie menyebut peluang Airlangga Hartanto masih kuat di Musyawarah Nasional (Munas). Menurut Jerry, ada tiga tokoh senior Partai Golkar yang akan mendukung Airlangga untuk memenangkan posisi Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024.

"Ada lima tokoh penting Partai Golkar yang mendukung salah satu kandidat di Munas Golkar nanti, yakni Jusuf Kalla, Luhut Binsar Panjaitan, Akbar Tanjung, Aburizal Bakrie (Ical) dan Agung Laksono," kata Jerry, di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Namun, lanjut dia, Jusuf Kalla, Luhut dan Agung Laksono akan mendukung petahana Airlangga Hartarto.

"Sementara Ical dan Akbar Tanjung akan kuat mendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet)," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies ini.

Jerry menilai peluang Bamsoet dalam bursa calon ketua umum partai berlambang Pohon Beringin itu tipis bila melihat kondisi di lapangan.

"Bagi saya, Airlangga dengan gaya kepemimpinan yang melankolis dan flegmatis maka menjadi garansi akan terpilih lagi," tuturnya.

Hal itu, kata Jerry, bisa dilihat dari dukungan sejumlah DPD serta kehadiran seluruh ketua-ketua DPD beberapa waktu lalu yang memberikan isyarat Airlangga masih berpeluang.

"Akan berat jika Agung Laksono dan tokoh-tokoh penting lainnya yang tak mendukung Airlangga lagi," ucap Jerry.

Kalau Bamsoet bakal unggul di pemilih milenial di Golkar, namun secara rata-rata tokoh-tokoh muda masih menginginkan Airlangga. Tapi bergabungnya Azis Syamsuddin ke gerbong Airlangga maka akan lebih berat lagi.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Survei: 70 Persen Masyarakat Merasa Tidak Butuh Vaksin

Jumat, 17 September 2021 | 07:41 WIB

Jokowi: Covid-19 Tak Turun, Ekonomi Tak Naik

Jumat, 17 September 2021 | 06:41 WIB
X