Menteri dari Profesional akan Lebih Loyal

- Selasa, 15 Oktober 2019 | 11:08 WIB
Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, di komplek Istana Kepresidenan Jakarta. (Bayu Prasetyo)
Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, di komplek Istana Kepresidenan Jakarta. (Bayu Prasetyo)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM-- Wacana terkait calon menteri yang bakal duduk di barisan kabinet Kerja Jilid II ters bergulir. Pengamat politik, Arif Nurul Imam turut memberikan pandangannya. Menurutnya, menteri dari kalangan profesional akan lebih loyal kepada Presiden Joko Widodo ketimbang menteri dari kalangan partai politik.

Menteri dari kalangan profesional tidak punya loyalitas ganda antara parpol dan presiden. Ia akan loyal ke presiden saja, kata Arif, di Jakarta, Selasa (15/10/2019), menanggapi penyusunan Kabinet Kerja Jilid II.

Menurut dia, hal itu sebagai sesuatu yang positif karena tidak menyelipkan kepentingan parpol dalam kebijakannya.

AYO BACA : Para WPS Sunan Kuning Siap-siap Pulang

Kabinet Kerja Jilid II yang akan segera ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan dapat diisi oleh figur-figur yang kompeten, profesional, memiliki rekam jejak sukses, dan satu frekuensi.

Direktur Indostrategi ini menilai, kriteria tersebut sangat penting dimiliki para menteri Kabinet Kerja II agar kebijakan antar-kementerian tidak tumpang-tindih dan saling bertolak belakang.

Jika melihat perkembangan politik mutakhir, nampaknya Presiden Jokowi akan melakukan rekrutmen menteri berbasis kombinasi antara konsesi dan meritokrasi, ujar Arif.

AYO BACA : Suara Dentuman Meriam Tandai Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang

Artinya, tambah dia, kabinet lima tahun ke depan akan dibangun dengan perpaduan antara politik dagang sapi atau konsesi dan kompetensi alias meritoktasi.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Survei: 70 Persen Masyarakat Merasa Tidak Butuh Vaksin

Jumat, 17 September 2021 | 07:41 WIB

Jokowi: Covid-19 Tak Turun, Ekonomi Tak Naik

Jumat, 17 September 2021 | 06:41 WIB
X