Pemerintah Masih Wacanakan Pekerja Informal Dapat Subsidi Gaji

- Sabtu, 19 September 2020 | 06:36 WIB
Ilustrasi subsidi gaji (istimewa)
Ilustrasi subsidi gaji (istimewa)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Dalam rangka menghindari ancaman resesi di tengah pandemi Covid-19, pemerintah mendongkrak konsumsi masyarakat dengan menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji senilai Rp1,2 juta untuk pekerja formal bergaji di bawah Rp5 juta.

Namun, bantuan tersebut belum mampu menjangkau pekerja sektor informal.

Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Haiyani Rumondang mengaku, pihaknya sudah beberapa kali mendiskusikan nasib pekerja di sektor informal.

AYO BACA : Tak hanya Guru, Semua Pegawai Honorer Pusat Sampai Daerah Dapat Subsidi Gaji

“Semua yang memang patut di bantu, tentu harus menjadi konsentrasi pemerintah. Kalau ditanyakan apakah ada rencana, dalam pembahasan itu sudah kami lakukan,” kata Haiyani dalam konferensi pers virtual, Kamis (17/9/2020).

Kemenaker, lanjut Haiyani, mengaku siap jika sewaktu-waktu akan diberi tugas untuk menyalurkan subsidi upah bagi pekerja informal. Namun, saat ini pihaknya memang masih fokus kepada para pekerja yang terdaftar sebagai kepersertaan aktif program BPJamsostek.

“Kami sudah sempat membahasnya, artinya semua ini Kemenaker kan tinggal menunggu jika memang di titipkan tugas berkaitan dengan itu. Kami dalam kapasitas yang bisa kita lakukan, itu sangat baik," katanya.

AYO BACA : Kemendikbud Tanggapi Wacana Siswa SMA Tak Wajib Belajar Sejarah

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama BPJamsostek, Agus Susanto mengatakan, sejumlah 2,8 juta rekening penerima subsidi gaji tahap keempat yang sudah melewati validasi rekening ke perbankan, telah diterima Kemenaker.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Peserta Wajib Tahu, Ini Ambang Batas SKD CPNS 2021

Selasa, 21 September 2021 | 17:15 WIB

BEGINI Cara Batasi Akses Lokasi di PeduliLindungi

Selasa, 21 September 2021 | 16:24 WIB

Apakah Ada Kartu Prakerja Gelombang 22? Ini Bocorannya

Selasa, 21 September 2021 | 15:02 WIB
X