Kemendikbud Sudah Salurkan Kuota Internet ke 27,3 Juta Nomor Ponsel

- Kamis, 1 Oktober 2020 | 06:35 WIB
Siswa belajar online melalui ponsel (kemendikbud)
Siswa belajar online melalui ponsel (kemendikbud)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menyalurkan bantuan kuota internet tahap I dan tahap II pada September 2020 kepada 27,3 juta nomor ponsel siswa, mahasiswa, guru dan dosen institusi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusdatin Kemendikbud, Hasan Chabibie menegaskan, jumlah tersebut diyakini bakal terus meningkat, seiring dengan proses pemutakhiran data, verifikasi validasi dan penyempurnaan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dari pimpinan satuan pendidikan.

“Kami bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan para operator seluler, untuk sama-sama terlibat dalam bantuan kuota data internet para pendidik dan peserta didik ini,” ujar Hasan melalui keterangan tertulisnya, Selasa (29/9/2020).

Target penerima bantuan kuota internet yakni sebanyak 50,7 juta peserta didik dan 3,4 juta pendidik, serta sebanyak 5,1 juta mahasiswa dan 257 ribu dosen. Jenis bantuan yang tersebar yakni untuk SD, SMP, SMA, SMK, PAUD, Kesetaraan, SLB, mahasiswa vokasi, mahasiswa akdemi, guru, serta dosen.

Bantuan ini disalurkan langsung ke nomor-nomor ponsel yang telah terdaftar pada sistem Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) untuk jenjang PAUD dan Dikdasmen. 

AYO BACA : Kuota Internet Gratis Kemendikbud, Cara Verifikasi untuk XL dan Telkomsel

Operator sekolah memasukkan nomor ponsel siswa dan guru ke Dapodik. Untuk jenjang pendidikan tinggi, pengelola PD Dikti di tiap perguruan tinggi menginput nomor ponsel mahasiswa dan dosen ke PD Dikti.

Hasan menyebutkan penyaluran kuota data internet dilakukan selama empat bulan. Dari September sampai dengan Desember 2020. Adapun jadwal penyalurannya sebagai berikut:

A. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Ini Doa Pendek Sebelum dan Sesudah Masuk Masjid

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:30 WIB

Rekomendasi 4 Anime Action Series di Netflix

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:15 WIB
X