6 Khasiat Daun Sambung Nyawa, Salah Satunya Obati Kemandulan

- Kamis, 5 November 2020 | 08:50 WIB
Daun Sambung Nyawa (istimewa)
Daun Sambung Nyawa (istimewa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Daun sambung nyawa ternyata banyak manfaat dan khasiatnya. Daun sedang menjadi tren karena bisa digunakan untuk olahan campuran makanan, seperti mi ayam.

Tak hanya itu, daun sambung nyawa dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan. Bahkan, rebusan daun sambung nyawa juga dapat diminum seperti meminum teh dengan cara merebus beberapa helai daunnya dan meminumnya.

Beberapa penelitian melaporkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa mengandung berbagai zat aktif kimiawi yang baik untuk kesehatan, seperti saponin, tanin, terpenoid, flavonoid, kaempferol-3-O-rutinoside, kaempferol, dan stragalin.

Untuk mengenal lebih jauh khasiat daun sambung nyawa, berikut seperti dikutip dari Alodokter, yaitu:

1. Meredakan peradangan

AYO BACA : Terkenal Pahit, Daun Pepaya Berkhasiat Meredakan Demam

Kandungan etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol dalam ekstrak daun sambung nyawa memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus. Oleh karena itu, tanaman ini dipercaya dapat meredakan peradangan, seperti rematik, dan penyakit tertentu yang disebabkan oleh virus.

2. Membantu melawan kanker

Tanaman ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk kanker darah, kanker rahim, dan kanker payudara. Ekstrak dari daun sambung nyawa menunjukkan aktivitas yang dapat mencegah pertumbuhan dan pembelahan sel kanker, serta dapat membunuh sel tersebut. Dengan begitu, penyebaran kanker ke organ lain dapat dicegah.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Gedung Cyber Kebakaran, Dua Orang Meninggal Dunia

Kamis, 2 Desember 2021 | 18:18 WIB
X