Ini Pusat Pelatihan Teroris di Jawa Tengah Rekrut Santri Berprestasi

- Minggu, 27 Desember 2020 | 15:30 WIB
ILUSTRASI- Latihan kelompok teroris Santoso di Poso. [Youtube]
ILUSTRASI- Latihan kelompok teroris Santoso di Poso. [Youtube]

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Sejumlah tempat di Jawa Tengah menjadi pusat pelathan teroris Jamaah Islamiyah (JI). Detasemen Khusus 88 Antiteror menyebut tempat-tempat itu seperti di Gintungan, Bandungan hingga Semarang.

JI merekrut kader baru dari kalangan anak muda cerdas dari kalangan pondok pesantren secara professional. Santri yang direkrut merupakan santri berprestasi dengan ranking 1 hingga 10.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan berujar target jaringan merekrut anak muda beprestasi dengan ranking 1 sampai 10 di ponpes untuk kemudian dibina menjadi pemimpin JI mendatang.

“Lokasi ini menjadi tempat pelatihan para generasi muda JI. Mereka dilatih bergaya militer dengan tujuan untuk membentuk pasukan sesuai dengan program yang dibuat oleh pemimpin jaringan ini (JI),” kata Argo dalam keterangannya, Sabtu (26/12/2020).

Argo mengatakan, salah satu pusat pelatihan anggota JI ialah di sebuah villa berlantai dua yang berada di area sepi dengan vegetasi pohon cemara.

Villa tersebut sekaligus digunakan sebagai tempat istirahat dan tidur para anggotan JI.

Di villa yang sama itu anggota muda dilatih bela diri dan persenjataan hingga simulasi penyerangan pasukan VVIP.

Untuk melatih kalangan muda, JI menyiapkan beberapa pelatih untuk membentuk para anak muda agar terampil dalam bela diri, menggunakan pedang dan samurai hingga penyergapan dan perakitan bom.

“Tiap angkatan 10-15 orang dari Pulau Jawa dan dari luar Pulau Jawa. Total 95 orang yang sudah dilatih dan terlatih. Generasi muda ini dilatih bela diri penggunaan senjata tajam seperti samurai dan pedang. Termasuk juga menggunakan senjata api dan dilatih menjadi ahli perbengkelan, perakitan bom, ahli tempur sampai ahli sergap (penyergapan) yang mereka sebut sebagai pasukan khusus dengan seragam khusus,” papar Argo.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

AKHIR PEKAN, Klaim Kode Redeem ML 24 Oktober 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:24 WIB

YUK MERAPAT, Ini List Kode Redeem ML 23 Oktober 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 11:50 WIB

RRQ vs ONIC di Final Upper Bracket MPL Season 8

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:42 WIB
X