Longsor Sumedang: Bertambah 4, Korban Tewas Ditemukan Jadi 29 Jiwa

- Minggu, 17 Januari 2021 | 09:35 WIB
Tim SAR melakukan pencarian korban yang tertimbun tanah longsor di Sumedang/ instagram BPBD Sumedang
Tim SAR melakukan pencarian korban yang tertimbun tanah longsor di Sumedang/ instagram BPBD Sumedang

SUMEDANG, AYOSEMARANG.COM -- Dalam pencarian korban hilang akibat longsor di Sumedang, tim SAR kini sudah mengevakuasi 29 jenazah yang tertimbun. Itu setelah pihak SAR menemukan 4 jenazah pada Sabtu (16/1/2021) di Kampung Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Desa Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang, keempat korban ditemukan di sektor 1 atau di lokasi hajatan warga. Korban pertama berjenis kelamin laki-laki atas nama Ajat Sudrajat (50) ditemukan pada pukul 16.55 WIB.

AYO BACA : KRI Soeharso Dikerahkan Bantu Korban Gempa Sulbar

Korban kedua ditemukan pada pukul 17.28 WIB atas nama Abas Rohendi (27), berjenis kelamin laki-laki. Korban kedua dan ketiga ditemukan pada pukul 20.10 WIB dan 21.30 WIB. Keduanya yang berjenis kelamin laki-laki kemudian langsung diidentifikasi oleh tim DVI Polda Jabar di Puskesmas Sawah Dadap.

Jumlah korban tewas yang berhasil ditemukan tercatat ada 29 orang. Sementara 11 orang lainnya masih dalam pencarian.

AYO BACA : Kemendikbud Terjunkan Tim ke Sulawesi Barat, Ini Daftar Sekolah Rusak Terdampak Gempa

Sebanyak 273 personel gabungan dikerahkan dalam proses evakuasi. BPBD Sumedang mengungkapkan, pencarian menghadapi kendala cuaca dan area yang sempit sehingga menyulitkan alat berat dalam membuang material.

Unsurs SAR yang terlibat adalah Basarnas Bandung, TNI/POLRI, BNPB, BMKG, KEMENPUPR, Tim DVI Polda Jabar, BPBD Jabar dan BPBD Sumedang, PMI Prov Jabar, Damkar Sumedang, Dinkes Sumedang, BBWS Citarum, Potensi SAR Jawa Barat dan Potensi SAR Jawa Tengah.

Longsor di wilayah ini terjadi pada Sabtu (9/12/2021) sekitar pukul 16.45 WIB. Kemudian terjadi longsor susulan sekitar pukul 19.30 WIB yang menyebabkan lebih banyak korban tertimbun karena pada saat itu banyak warga dan Tim SAR gabungan yang sedang melakukan evakuasi dan pendataan terhadap jumlah korban pada longsor pertama. (Ayobandung)

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Wawancara Kerja? Hindari Beberapa Hal Sepele Ini

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:19 WIB

RESMI! Harga Tes PCR di Jawa-Bali Jadi Rp275.000

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:07 WIB
X