Hari Musik Nasional, 4 Grup Asal Bandung yang Meramaikan Panggung Musik Tanah Air

- Selasa, 9 Maret 2021 | 17:00 WIB
[ilustrasi] Grup musik. (Foto from unsplash by: John Matychuk)
[ilustrasi] Grup musik. (Foto from unsplash by: John Matychuk)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM-- Hari  Musik Nasional diperingati saban 9 Maret. Penetapan Hari Musik Nasional untuk untuk mengapresiasi karya musik musisi-musisi Indonesia.
\n 
\nSelain untuk menghargai karya musik, penetapan hari musik nasional juga ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para pelaku musik Indonesia serta untuk meningkatkan prestasi yang bisa mengangkat derajat musik Indonesia di tingkat nasional, regional, maupun internasional. 

Berbicara tentang musik, pasti tidak lepas dari yang namanya musisi. Menurut KBBI musisi adalah orang yang mencipta, memimpin atau menampilkan musik: pencipta atau pemain musik. 
\nBanyak grup musik yang lahir di Bandung, selain terkenal dengan keindahan alam dan kelezatan kulinernya, Bandung juga dikenal sebagai kota kreatif yang banyak melahirkan banyak seniman termasuk musisi. Nah, Berikut beberapa grup musik yang lahir di Bandung. 

1. Noah 

Grup music yang terbentuk pada tahun 2000 ini semula bernama Peterpan, lalu kemudian berubah nama menjadi Noah pada tahun 2012. Awal terbentuk band ini terdiri dari enam orang, namun seiring berjalannya waktu formasi personelnya berubah-ubah. Hingga kini menyisakan tiga anggota yakni Ariel, Lukman dan David. 

Lagu-lagu popular dari Noah di antaranya: Aku, semua tentang kita, menunggumu, topeng, separuh aku, dan masih banyak lagi. Sepanjang kariernya Noah telah banyak meraih penghargaan di antaranya: AMI Awards, Indonesia KCA, dan lain-lain. 

2. Gigi

Grup musik yang digawangi oleh Armand, Thomas, Gusti Hendi, dan Dewa Budjana ini terbentuk pada tahun 1994. Selama berkecimpung di belantika musik tanah air, grup musik ini telah melahirkan banyak karya berupa album dan single. 

Di antara karyanya yang terkenal adalah: 11 januari, pintu sorga, nakal, gigi, peace love & respect, dan masih banyak lagi. Selama 27 tahun berkarya Gigi berhasil meraih penghargaan AMI Awards untuk kategori penata music pop terbaik 2008 dan duo/grup terbaik 2003 dan 2017.
\n 
\n3. Kahitna

Grup Kahitna memulai debutnya di dunia musik pada tahun 1986. Grup musik ini dimotori oleh Yovie Widianto, Hedi Yunus, Bambang Purwono, Carlo Saba, dan lain-lain. Grup legendaris yang telah berkiprah selama 35 tahun ini dikenal dengan lagu ciptaannya yang romantik. Di antara lagu-lagunya yang popular adalah: cantik, takkan terganti, sampai nanti, rahasia cinta, lebih dari sekedar cantik, dan masih banyak lagi.
\n 
\n4. Project Pop

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Terkini

Peserta Wajib Tahu, Ini Ambang Batas SKD CPNS 2021

Selasa, 21 September 2021 | 17:15 WIB

BEGINI Cara Batasi Akses Lokasi di PeduliLindungi

Selasa, 21 September 2021 | 16:24 WIB

Apakah Ada Kartu Prakerja Gelombang 22? Ini Bocorannya

Selasa, 21 September 2021 | 15:02 WIB
X