Aksi Peduli Palestina, Muslim Tasikmalaya Gelar Longmarch ke Gunung Galunggung

- Rabu, 19 Mei 2021 | 14:10 WIB
Umat muslim Tasikmalaya gelar aksi kepedulian terhadap masyarakat muslim Palestina dengan longmarch dari Masjid Agung Kota Tasikmalaya ke Gunung Galunggung, Rabu, 19 Mei 2021). (Ayotasik.com /Heru Rukanda).
Umat muslim Tasikmalaya gelar aksi kepedulian terhadap masyarakat muslim Palestina dengan longmarch dari Masjid Agung Kota Tasikmalaya ke Gunung Galunggung, Rabu, 19 Mei 2021). (Ayotasik.com /Heru Rukanda).

AYO BACA : Dubes Palestina Sebut PBB Lambat Soal Serangan Israel di Gaza

AYO BACA : India Pecah Rekor Lagi, Kasus Kematian Covid-19 Tembus 4.329 Sehari

TASIKMALAYA, AYOSEMARANG.COM -- Aksi kepedulian terhadap masyarakat muslim Palestina yang tengah konflik dengan Israel terus mengalir di berbagai daerah, tidak terkecuali di Kota Tasikmalaya.

Sejumlah warga kota berjuluk Kota Santri ini menggelar aksi kemanusiaan dengan melakukan longmarch memakai atribut berndera Indonesia dan Palestina dari Masjid Agung Kota Tasikmalaya hingga ke Gunung Galunggung.

Pimpinan aksi longmarch Ahmad Ruslan Abdul Gani mengatakan, longmarch ini sebagai bentuk keperihatinan muslim Kota Tasikmalaya terhadap penderitaan muslim Palestina dari serangan zionis Israel yang terjadi sejak akhir Ramadan 1442 Hijirah.

"Kami mengutuk keras perbuatan zionist Israel yang telah menyerang muslim Palestina. Ini bentuk keperihatinan kami muslim di Tasikmalaya," ujar Ahmad, Rabu, 19 Mei 2021.

Ia menuturkan, pihaknya sengaja memilih Masjid Agung dan Galunggung sebagai lokasi aksi karena kedua tempat tersebut merupakan ikon Tasikmalaya.

"Harapannya dengan aksi ini yang ingin disampaikan ke masyarakat adalah mengajak agar sama-sama yuk kita peduli. Karena peduli Palestina ini bukan urusan umat Islam tapi kemanusiaan yang punya hati nurani," ucapnya.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan dukungan moril kepada masyarakat muslim Palestina. Di antaranya dengan memposting hastag-hastag untuk membangkitkan semangat perjuangan masyarakat di Palestina.

"Kita juga bisa berjihad dengan harta. Insyaallah kami atas nama Tasik Peduli Palestina akan memberikan donasi bagi Palestina. Jadi bagi masyarakat muslim Tasikmalaya yang ingin berjuang dengan hartanya bisa melalui Tasik Peduli Palestina," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan mencantumkan nomor handphone dan sekretariatnya di Pesantren Tahfidz Darul Ilmi untuk berdonasi.

"Dan Insyaallah amanah dari masyarakat Tasikmalaya ini akan kita sampaikan dan bentangkan spanduk di Palestina bahwa donasi dari masyarakat Tasikmalaya telah sampai pada masyarakat di sana." kata dia.

"Kita juga akan naik ke kawah puncak Galunggung membentangkan serta mengibarkan bendera Palestina ukuran 2 x 4 meter dan juga bendera Merah Putih 2 x 4 meter," pungkasnya. (Heru Rukanda)
 

AYO BACA : Mantan Pilot Sebut Pemerintah dan Militer Israel Penjahat Perang

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Gedung Cyber Kebakaran, Dua Orang Meninggal Dunia

Kamis, 2 Desember 2021 | 18:18 WIB
X