Layanan 5G Dapat Dinikmati 27 Mei 2021 di Beberapa Daerah, Mana Saja?

- Selasa, 25 Mei 2021 | 15:50 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate dalam sambutan resmi menyampaikan bahwa seiring dengan penyerahan SKLO dari Kementerian Kominfo maka Telkomsel akan menjadi penyelenggara telekomunikasi jaringan 5G pertama di Indonesia. (dok)
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate dalam sambutan resmi menyampaikan bahwa seiring dengan penyerahan SKLO dari Kementerian Kominfo maka Telkomsel akan menjadi penyelenggara telekomunikasi jaringan 5G pertama di Indonesia. (dok)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Layanan 5G dari Telkomsel akan dapat dinikmati mulai hari peluncurannya, yakni 27 Mei 2021 mendatang.

Namun layanan 5G ini baru bisa dinikmati di beberapa daerah seperti Jabodetabek, serta di kota-kota lain seperti Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar, dan Bandung.

AYO BACA : Ribuan Pelajar Ikuti Program Magang \'\'G3NESIS\'\' Telkomsel

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate mengatakan Telkomsel akan menjadi Penyelenggara Telekomunikasi Jaringan 5G pertama di Indonesia.

Penggelaran 5G perdana di Indonesia ini juga merupakan buah hasil Kementerian Kominfo dalam beberapa tahun terakhir. Kementerian Kominfo bersama dengan beberapa Penyelenggara Telekomunikasi telah melakukan 12 kali uji coba jaringan 5G sepanjang tahun 2017 hingga 2020 kemarin. Salah satu uji coba dilakukan pada saat perhelatan Asian Games pada tahun 2018 lalu. Awal tahun 2021 ini, Kementerian Kominfo juga telah melakukan lelang pita frekuensi 2,3 GHz.” ungkapnya, Senin 24 Mei 2021.

AYO BACA : Telkomsel Bakal Hadirkan Teknologi 5G

Seperti diketahui, Telkomsel secara resmi telah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 24 Mei 2021.

Telkomsel dapat segera menyelenggarakan jaringan 5G secara komersial untuk tahap awal pada frekuensi spektrum 2,3 GHz dan menjual produk atau layanan 5G kepada pelanggan.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan SKLO ini menjadi bukti bahwa Telkomsel secara sah dan resmi sudah memenuhi seluruh persyaratan dan regulasi yang berlaku dan menjadi operator pertama yang dapat mengoperasikan layanan 5G secara komersial di Indonesia.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

KPK Ungkap Kronologi Alur Kasus Suap Azis Syamsuddin

Sabtu, 25 September 2021 | 11:17 WIB

KPK Resmi Tetapkan Azis Syamsuddin Tersangka Kasus Suap

Sabtu, 25 September 2021 | 07:19 WIB

Alhamdulillah, Kondisi Tukul Arwana Berangsur Membaik

Jumat, 24 September 2021 | 18:37 WIB
X