Dubes Arab Saudi Datangi MUI Jelaskan Soal Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia

- Rabu, 9 Juni 2021 | 07:34 WIB
Ilustrasi ibadah haji (pixabay)
Ilustrasi ibadah haji (pixabay)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kedatangan Dubes Arab Saudi adalah unutk meluruskan hal yang ramai diperbincangkan masyarakat usai Kemenag mengumumkan pembatalan keberangkatan calon jemaah haji Indonesia.

AYO BACA : Alasan Menteri Agama Batalkan Penyelenggaraan Haji 2021

Dubes Essam menyebutkan, pembatalan haji itu sama sekali tidak terkait dengan hubungan Indonesia dan Saudi yang kurang baik.

Masalah pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia. Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media, ujar Dubes Essam melalui keterangan Infokom MUI, sebagaimana dikutip suara.com (jaringan ayosemarang.com) Selasa 8 Juni 2021.

AYO BACA : Pemerintah Indonesia Tegaskan Tetap Tak Kirim Jemaah Haji

Kerajaan Arab Saudi disebutkan belum mengirimkan undangan haji ke negara lain termasuk Indonesia. Ini dikarenakan ibadah haji tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Selain membahas Haji, Dubes Essam juga membahas rencana kerjasama antara MUI dengan Arab Saudi.

Kerja sama tersebut meliputi bidang ukhuwah, dakwah, dan sebagainya (ta’awun wa tabadulul ara’) yang berorientasi pada penguatan Islam Wasathiyah di kawasan Arab Saudi, Indonesia, maupun dunia internasional.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Terkini

PERHATIKAN, Begini Cara Cetak Kartu Ujian SKD CPNS 2021

Jumat, 17 September 2021 | 17:53 WIB

SYARAT LULUS, Ini Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2021

Jumat, 17 September 2021 | 15:31 WIB

Jokowi Kembali Tegur Listyo, Sinyal Kelambatan Kapolri

Jumat, 17 September 2021 | 10:38 WIB
X