Sah! BPOM Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin Moderna

- Jumat, 2 Juli 2021 | 13:21 WIB
BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Covid-19 buatan Moderna Inc. (AFP/Joel Saget)
BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Covid-19 buatan Moderna Inc. (AFP/Joel Saget)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Covid-19 buatan Moderna Inc. Ketua BPOM Penny Lukito mengatakan vaksin Moderna merupakan vaksin pertama dengan platform mRNA yang mendapatkan EUA dari BPOM.

Vaksin Moderna akan digunakan pada kelompok usia 18 tahun ke atas. Efikasi vaksin buatan Amerika Serikat (AS) ini sebesar 94,1% pada kelompok usia 18-65 tahun dan 86,4% pada usia di atas 65 tahun.

AYO BACA : BPOM AS Laporkan Kasus Peradangan Jantung Akibat Suntikan Vaksin Pfizer dan Moderna

"Vaksin mRNA menggunakan imunisasi SARS CoV-2 berusia 18 tahun ke atas injeksi inframuskular 0,5 mili, 2 kali suntikan satu bulan," ujar Penny dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 2 Juli 2021.

Penny menjelaskan jika efek samping dari vaksin Moderna masih dalam grade 1 dan 2, yang artinya dapat diatasi. Adapun efek samping tersebut berupa nyeri otor, kelelahan, hingga sakit kepala.

AYO BACA : Terbongkar! Mbak You Sudah Meramal Kematiannya Sendiri

Sebagai informasi, vaksin dengan platform mRNA seperti Moderna adalah vaksin yang dibuat dari metode rekayasa genetika yang membuat tubuh manusia dapat mendeteksi virus yang masuk.

Teknologi ini berbeda dengan metode inactivated vaccine seperti Sinovac, dimana pembuatannya dari virus yang dilemahkan atau dimatikan yang berguna agar tubuh mengenali virus dan bisa bekerja untuk melawannya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya sempat membeberkan bahwa kedatangan vaksin Moderna ke Indonesia merupakan hibah dari Amerika Serikat. Adapun, vaksin tersebut datang sebanyak 4 juta dosis. Kendati begitu, Budi tidak menjelaskan secara detail mengenai kapan kepastian vaksin tersebut masuk ke Indonesia.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Dilamar Gangga Kusuma, Ini Deretan Mantan Pacar Awkarin

Selasa, 30 November 2021 | 18:19 WIB

Mengejutkan, Lesti Kejora Izinkan Rizky Billar Poligami

Selasa, 30 November 2021 | 15:38 WIB

18.572 Jemaah Umrah Asal Indonesia Siap Diberangkatkan

Selasa, 30 November 2021 | 13:36 WIB

Awkarin Dilamar Gangga Kusuma, Netizen Ribut Soal Agama

Selasa, 30 November 2021 | 13:27 WIB
X