5 Hal Penting yang Dilakukan untuk Mengendalikan Emosi

- Jumat, 23 Juli 2021 | 13:58 WIB
Ilustrasi perempuan marah, kesal. (Shutterstok)
Ilustrasi perempuan marah, kesal. (Shutterstok)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Emosi merupakan luapan perasaan seseorang yang dapat terus berkembang dan surut pada waktu yang singkat.

Mendengar kata emosi yang terbesit adalah marah. Marah atau emosi ini apabila dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan dengan berlebihan, dapat menjadikan jiwa raga yang tidak sehat.

Maka dari itu, mengendalikan emosi penting dilakukan untuk kesehatan diri. Lalu, bagaimana cara untuk mengendalikan emosi yang berlebihan ?

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan emosi berlebihan. Namun, kadang cara tersebut kurang tepat dan bahkan butuh bantuan orang lain.

AYO BACA : 4 Web Series Adaptasi Wattpad Segera Tayang, Sudah Siap Nonton?

Dalam pembahasan ini bagaimana cara mengendalikan emosi yang berlebihan melalui diri sendiri.

1. Menjauh dari Sumber Permasalahan

Menjauh dari sumber permasalahan dapat membantu menenangkan diri. Cari aktivitas lain yang dapat menjauhkan dari permasalahan tersebut sehingga dapat melupakannya. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah dengan membuat diri merasa senang dan tenang, seperti mendengarkan musik dan menonton film.
 
2. Menghindari Ucapan yang Tidak Baik

Saat kita sedang marah tidak jarang ingin sekali meluapkannya dengan berkata kasar kepada diri sendiri maupun orang lain. Meluapkan dengan berkata kasar malah akan membuat pikiran menjadi tidak jernih. Hal tersebut akan memperburuk suasana hati. Maka dari itu lebih baik menghindari ucapan yang tidak baik.
 
3. Reward

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

X