Asal-usul Mitos Pesarean Gunung Kawi, Tempat Pesugihan!

- Jumat, 23 Juli 2021 | 16:21 WIB
Gerbang masuk menuju petilasan Prabu Sri Kameswara Gunung Kawi. (Pixabay)
Gerbang masuk menuju petilasan Prabu Sri Kameswara Gunung Kawi. (Pixabay)

MALANG, AYOSEMARANG.COM -- Gunung kawi yang konon terkenal akan misterinya sebagai tempat mencari pesugihan yang terletak di Desa Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Orang-orang yang datang mempercayai bahwa tempat tersebut bisa membawa keberuntungan dan memberikan kekayaan yang kekal.

Setiap hari para wisatawan datang dengan maksut untuk mendapatkan berkah dari kunjungan tersebut. Mereka percaya setelah datang dari tempat tersebut selalu saja mendapatkan keberuntungan. Namun tahukah Anda darimana asal mula mitos pesugihan itu di percaya sampai saat ini.

AYO BACA : Heboh Kilatan Cahaya Misterius di Gunung Raung, Bukan Aktivitas Vulkanik

Sejarah itu bermula dari kisah Eyang Djogo yang dulu merupakan seorang pejuang kemerdekaan Indonesia. Pada saat Agresi Militer Belanda I, Eyang Djogo melarikan diri ke Kesamben, Blitar. Pada saat itu masyarakat dan hewan ternak desa Kesamben menderita penyakit kolera.

Namun, setelah kedatangan Eyang Djogo, masyarakat dari desa Kesamben langsung sembuh dari penyakit tersebut. Sejak saat itu, Eyang Djogo dianggap sebagai sosok keberuntungan  dan sangat dihormat di desa tersebut.

AYO BACA : 5 Mix and Match Outfit Vest Ala Lida Lubis, Kekinian Banget!

Akhirnya nama Eyang Djogo menyebar ke desa-desa lain. Banyak sekali pendatang yang ingin berguru padanya. Sampai pada akhirnya Eyang Djogo memerintah muridnya R.M Imam Soedjono untuk membuka tempat baru di lereng Gunung Kawi karena tempat yang sudah penuh untuk menampung murid- murid yang ingin berguru padanya.

Sejak saat itu tempat tersebut tidak pernah sepi, setiap harinya selalu saja orang yang datang untuk berguru dan meminta berkah pada Eyang Djogo. Dari situlah mitos pesugihan Gunung Kawi.  

Banyak yang berpendapat lain mengenai asal mula Pesarean Gunung Kawi yang dikait-kaitkan dengan mencari pesugihan. Namun, penjaga dari Pesarean Gunung Kawi, Nanang Yuwono menegaskan bahwa sebenarnya Gunung Kawi bukanlah tempat untuk dikait-kaitkan ke hal negatif yakni mencari pesugihan.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Jokowi Kembali Tegur Listyo, Sinyal Kelambatan Kapolri

Jumat, 17 September 2021 | 10:38 WIB

Survei: 70 Persen Masyarakat Merasa Tidak Butuh Vaksin

Jumat, 17 September 2021 | 07:41 WIB

Jokowi: Covid-19 Tak Turun, Ekonomi Tak Naik

Jumat, 17 September 2021 | 06:41 WIB
X