Mau Menghemat Data di WhatsApp? Ikuti Langkah-langkah Ini

- Jumat, 30 Juli 2021 | 11:30 WIB
Menghemat Data di WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah. (istimewa)
Menghemat Data di WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah. (istimewa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Jika tak dikelola dengan baik, WhatsApp dapat menyedot banyak data internet dan juga kuota penyimpanan smartphone.

Tergabung dalam banyak grup WhatsApp juga bisa mempengaruhi kuota penyimpanan. Deretan foto hingga video masih saja otomatis tersimpan di WhatsApp lama-kelamaan bakal membuat memori di ponsel auto penuh.

Kalian bisa meminimalisir dengan memilah file apa saya yang akan diterima sehingga kuota tidak boros. Pada WhatsApp sendiri, terdapat fitur auto download atau unduh otomatis di menu Setting.

Fitur auto download yang ada di latar belakang membuat semua file akan menggunakan kuota data dan tersimpan dalam memori.

AYO BACA : Diam-diam, Begini Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

Untuk menonaktifkannya, kalian perlu menuju menu Settings (Pengaturan)> Storage and Data (Penyimpanan dan Data) > Media Auto-Download > pindah ke Wi-Fi only.

Selain itu, kalian bisa mengaktifkan fitur "Kurangi Penggunaan Data" dengan menggeser bar ke arah kanan. Anda disarankan untuk pergi ke pilihan "Saat menggunakan data seluler".

Pada menu tersebut, akan muncul pilihan Foto, Audio, Video, dan Dokumen. Kalian bisa mencentang pada salah satu opsi terkait file yang ingin Anda terima menggunakan data seluler (Video tidak disarankan karena biasanya berukuran lebih besar dan menyedot banyak data).

Kemudian Anda bisa beralih ke menu "Saat terhubung Wi-Fi". Menu akan menampilkan pilihan Foto, Audio, Video, dan Dokumen. Anda bisa mencentang semua pilihan di atas.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Peserta Wajib Tahu, Ini Ambang Batas SKD CPNS 2021

Selasa, 21 September 2021 | 17:15 WIB

BEGINI Cara Batasi Akses Lokasi di PeduliLindungi

Selasa, 21 September 2021 | 16:24 WIB

Apakah Ada Kartu Prakerja Gelombang 22? Ini Bocorannya

Selasa, 21 September 2021 | 15:02 WIB

57 Pegawai KPK Tak Lulus TWK Diberhentikan Tanpa Pesangon

Selasa, 21 September 2021 | 08:48 WIB

99 Asmaul Husna Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Selasa, 21 September 2021 | 07:22 WIB
X