Mengagas Pendidikan Antiterorisme

- Kamis, 23 Mei 2019 | 13:41 WIB
Ariyadi
Ariyadi

Belum lekang dalam benak kita pedihnya luka bom di Mako Brimob beberapa bulan yang lalu, juga disusul serentetan bom di Surabaya.

Kabar mengejutkan kembali mengusik rasa aman masyarakat dengan penggerebekan teroris di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Penggerebekan dilakukan dibeberapa wilayah mulai Grobogan, Kudus, Sukoharjo, Semarang, dan Gresik.

Yang lebih mencengangkan lagi oknum yang menjadi target penggerebekan adalah pengurus RT. Peristiwa ini secara pasti terbeban di masyarakat dengan munculnya rasa takut dan khawatir.

Melihat dinamika ini penulis sebagai pendidik merasa harus berbuat sesuai dengan kapasitas kami sebagai profesi yang menerima mandat dalam merubah tatanan perilaku moral peserta didik terutama hal krusial yang dapat merubah mind set salah terhadap apapun aksi teror dengan dalih apapun termasuk membawa ranah agama sebagai orientasinya.

Mengatasnamakan agama sebagai landasan atas perbuatan yang salah merupakan bagian dari rendahnya pola pikir dan pemahaman diri seseorang dalam memahami wahyu.

Aksi teror seolah menjadi hal yang familier bagi masyarakat terlebih indonesia sebagai bangsa yang heterogen tentu singgungan hal-hal yang berbau SARA sangat sensitif dan dapat memantik api emosional yang berlebih.

Dalam keterangannya Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa terorisme juga terjadi hampir disetiap wilayah belahan dunia manapun. Pesan ini logis dapat kita jadikan referensi bahwa setidaknya saat ini tidak hanya Indonesia yang sedang berjuang, bekerja keras melawan aksi terorisme.

Aksi terorisme menjadi mind set yang salah dengan dalih apapun, apalagi jika sampai mengorientasikan aksi tersebut pada fatwa suci agama. Tentu kita sepakat, tidak ada satu agamapun yang membolehkan umatnya berbuat aksi teror kepada siapapun. Logisnya, segala bentuk teror sudah pasti melanggar norma agama.

Perpu Antiterorisme, Perlukah?

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Keniscayaan, Hidup Berdampingan dengan COVID-19

Jumat, 24 September 2021 | 11:32 WIB

Kewaspadaan Di Tengah Kegembiraan

Jumat, 24 September 2021 | 10:58 WIB

Media Pemersatu di Tengah Gempuran Medkom dan Medsos

Selasa, 24 Agustus 2021 | 13:34 WIB

Masa Depan Demokrasi Di Tengah Pandemi COVID 19

Senin, 23 Agustus 2021 | 10:57 WIB

Tanggung Jawab Sosial Pemuda Indonesia

Senin, 23 Agustus 2021 | 10:50 WIB

Konter Naratif Media Sosial dan Bela Negara

Rabu, 18 Agustus 2021 | 11:28 WIB

Peringatan ke 76 Tahun NKRI di Era Pandemi

Minggu, 15 Agustus 2021 | 15:03 WIB

Warna Korporat, Sebuah Keniscayaan

Jumat, 6 Agustus 2021 | 11:31 WIB

3 Tulisan Terpopuler Ayo Netizen Edisi Juli 2021

Kamis, 5 Agustus 2021 | 15:48 WIB
X