Aiptu Eko Siswanto Bhabinkamtimas Jepara yang Rajin “Menginap“ di Desa Binaan

- Jumat, 6 Desember 2019 | 14:37 WIB
1. Bhabinkamtibmas Aiptu Eko Siswanto bersama Petinggi desa Karangaji menengok warga yang sakit. (dok)
1. Bhabinkamtibmas Aiptu Eko Siswanto bersama Petinggi desa Karangaji menengok warga yang sakit. (dok)

Bagi Aiptu Eko Siswanto Polisi yang bertugas  sebagai Bhabinkamtibmas ( Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Desa )  tugas adalah nomor satu . Sehingga meskipun  ada kesibukan apapun ia selalu menyempatkan diri untuk “menyambangi” dan kadang “Menginap” di  desa binaannya yaitu desa Karangaji dan Tedunan kecamatan Kedung kabupaten Jepara.

Dua desa ini merupkan rumah keduanya karena selain tidur di rumah kadang kala ia tidur di desa tersebut untuk menjaga keamanan dan ketertiban desa. Misalnya ketika dua desa tersebut menjelang digelarnya pilihan Petinggi, PilGub,PilBup,Pilleg ia sering nginap di Balai Desa untuk memastikan keamanan dan ketertiban. 

“ Ya gimana lagi dua desa yang menjadi tempat tugas saya cukup rawan keamanannya karena desa pesisir. Mau tidak mau saya harus selalu hadir di desa untuk berkomunikasi social dengan seluruh warga desa agar tercipta keamanan dan ketertiban di desa “ ujar Eko Siswanto, Jumat (6/12/2019).

Dicontohkan ketika menjelang hari pemilihan Petinggi (Kepala Desa) suasana desa cukup panas dengan bergeraknya tim sukses calon dari rumah ke rumah. Kegiatan itu mulai dari pagi hari , siang , sore sampai malam hari. Sehingga untuk mengantisipasi benturan antar warga ia terus bergerak mengelilingi desa.

“ Bahkan saking seringnya saya di desa hingga menginap , kadang ada tuduhan dari beberapa calon yang mengatakan saya tidak netral. Itulah yang namanya tugas kita sudah benar ada di tempat binaan kadang dinilai yang kurang enak,“ tambah Eko Siswanto yang beristerikan Bidan dan tinggal di desa Bugel kecamatan Kedung.

Dalam menjalankan tugas sebagai Bhabinkamtibmas di desa tidak hanya masalah masalah yang yang berkaitan dengan keamanan dn ketertiban saja yang ia tangani. Namun giat masyarakat desa binaan ia ikuti misalnya ketika pemerintahan desa melakukan kegiatan pelaksanaan Dana Desa iapun ikut melihat dari dekat jalannya kegiatan. 

Misalnya pengecoran jalan pertanian, pembutan talud, pembangunan gedung olah raga. Sampai kegiatan non phisik lainnya misalnya pelaksanaan sedekah bumi, selamatan desa, rapat rapat di desa dan juga kegiatan di warga masyarakat misalnya Rapat RT sampai menyambangi warga yang sakit.

“ Ya kadang-kadang saya juga berkomunikasi dengan anak anak sekolah. Ngobrol ngobrol dengan mereka memberi kuis seputar pendidikan lalu kasih hadiah. Sekarang anak anak tak takut lagi dengan polisi “, kata Eko Siswanto yang berkantor di Polsek Kedung dan menjadi bhabinkamtibmas hampir tiga tahun.

Dalam hal menangani masalah kenakalan remaja Aiptu Eko Siswanto mengedepankan pendekatan kekeluargaan dengan cara menghubungi orang tua masing . Mereka diberikan informasi tentang buruknya mengkonsumsi miras , berkelahi dan tindakan criminal yang lain yang mengganggu ketertiban dan keamanan lingkungan.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Indonesia dan Keadilan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:05 WIB

Mungkinkah Golkar Akan Menjadi Rumah Besar Bersama

Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:49 WIB

Di Balik Kemarahan Risma

Jumat, 8 Oktober 2021 | 14:21 WIB

Esensialitas Daring

Jumat, 1 Oktober 2021 | 12:26 WIB

Kalkulasi poltik dan Fenomena Ganjar Pranowo

Senin, 27 September 2021 | 16:15 WIB

Covid-19 dan Tantangan Kebangsaan Kita

Minggu, 26 September 2021 | 10:49 WIB

Covid-19 Dan Tantangan Kebangsaan Kita

Minggu, 26 September 2021 | 07:48 WIB

Keniscayaan, Hidup Berdampingan dengan COVID-19

Jumat, 24 September 2021 | 11:32 WIB

Kewaspadaan Di Tengah Kegembiraan

Jumat, 24 September 2021 | 10:58 WIB

Media Pemersatu di Tengah Gempuran Medkom dan Medsos

Selasa, 24 Agustus 2021 | 13:34 WIB

Masa Depan Demokrasi Di Tengah Pandemi COVID 19

Senin, 23 Agustus 2021 | 10:57 WIB
X